Table of Contents

 Perkembangan Fisik Perkembangan Fisik

Masa remaja ditandai dengan percepatan pertumbuhan fisik. Pertumbuhan berat badan dan panjang badan berjalan paralel dipengarui oleh hormon. Adanya percepatan pertumbuhan pada masa remaja berimplikasi pada perkembangan psikososial mereka dengan ditandai dengan kedekatan remaja pada teman sebayanya (peer group) daripada orang tua atau keluarga.

Psikoseksual. Yang akan diuraikan sebagai berikut :

1)      Tanda-tanda pemasakan seksual

2)      Perbedaan kriteria pemasakan seksual

3)      Perbedaan permulaan pemasakan seksual

4)      Perbedaan urutan gejala pemasakan seksual

5)      Perkembangan percintaan remaja

Perkembangan fisik pada masa remaja diawali dengan pubertas, adalah masa kematangan fisik yang sangat cepat, yang meliputi aspek hormonal dan perubahan fisik. Pikiran mereka juga berubah dengan artian mereka lebih dapat berfikir abstrak dan hipotesis, perasaan mereka berubah hampir terhadap segala hal, semua bidang cakupan perkembangan sebagai seorang remaja menghadapi tugas utama mereka, membangun identitas termasuk identitas seksual yang akan terus mereka bawa sampai masa dewasa.

Dengan berkurangnya perubahan fisik kecanggungan pada masa puber dan awal masa remaja pada umumnya menghilang, karena remaja yang lebih besar sudah mempunyai waktu tertentu untuk mengawasi tubuhnya yang bertambah besar. Mereka juga terdorong untuk menggunakan kekuatan yang diperoleh dan selanjutnya merupakan bantuan untuk mengatasi kecangguangan yang timbul kemudian.

Sumber :

http://rahmad.blog.unismuhpalu.ac.id/jasa-penulis-artikel/