Resep Asinan Mangga Muda Asam Pedas yang Menyegarkan

Selain dirujak, cara menikmati buah mangga muda atau mangga mengkal setengah matang adalah dengan resep asinan mangga. Cita rasa pedas meresap dari kuah hingga meresap ke dalam daging buah membuat asinan mangga muda yang enak dan asyik dinikmati saat kumpul meskipun diolah secara sederhana.

Asinan buah mangga dengan kuah selera pedas merupakan menu favorit ibu-ibu saat mencari cemilan yang segar-segar. Mangga muda yang memiliki rasa asam memang mempunyai kenikmatan tersendiri, mangga mengkal yang merupakan buah mangga belum matang namun juga tidak terlalu mentah bisa menjadi pilihan tepat karena ada sedikit rasa manis. Setelah berpadu dengan rasa kuah pedas meresap, maka jadilah asinan mangga yang sangat menyegarkan.

Resep Bahan Membuat Asinan Mangga

1 kg buah mangga muda/mengkal
100 gram gula pasir
10 buah cabe merah keriting
5 buah cabe rawit merah
1,5 sdm cuka dapur
1 sdm garam
700 ml air

Setelah mempersiapkan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan, kita masuk ke dalam proses pembuatan asinan mangga muda dengan langkah yang mudah seperti berikut di bawah ini :

1. Kupas kulit mangga dan cuci bersih, kemudian serut atau iris tipis dengan bentuk menurut selera. Sedangkan cabe keriting dan cabe rawit diulek.

2. Masak air yang dicampur ulekan cabai bersama garam serta gula pasir, aduk rata lalu masak hingga mendidih dan matang.
Cara membuat asinan mangga
3. Tuangkan kuah asinan tersebut ke dalam wadah berisi irisan buah mangga, selanjutnya beri cuka serta aduk hingga merata.

4. Untuk hasil yang maksimal, simpan dalam wadah tertutup dan biarkan di dalam lemari es hingga kuah meresap sempurna atau bisa nginap dulu semalam, asinan mangga pedas dengan sensasi segar dingin pun siap untuk disantap.

Kita juga dapat mengkombinasikan dengan aneka buah lainnya, bahkan dengan tambahan variasi bumbu bisa dilihat pada resep Asinan Bogor sehingga kuah pedasnya benar-benar semakin segar dan kian mantap saat disantap.

RECENT POSTS