Proses manajemen stratejik

            Manajemen stratejik merupakan proses penataan tentang perumusan dan pengendalian strategi yang terdapat dalam suatu organisasi. Dalam pentaan tersebut diharapkan dapat dilakukan upaya pengembangan organisasi jangka panjang,dalamrangka untuk peningkatan kompetensi yang nyata berbeda dariorganisasi yang lainnya. Untuk pengembangan suatu organisasi maka keputusan organisasi itulah haruslah diambil dengan berorientasi secara terpusat dan terintegrasi didalam menghadapi lingkungan yang terus berubah.

            Suatu keputusan organisasi bersifat stratejik bila keputusan tersebut dapat mengarahkan pola kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaranorganisasi.alat koordinasi dalam pelaksanaan organiasasi bagi pencapaian tujuan dan sasarannyaadalah strategi. Dalam proses perumusan strategi, suatu organisasi terlebih dahulu mnentapkan visi dan misi serta tujuan organisasitersebut, dengan mempertimbangkan hasil analisis eksternal dan internal dengan pola yang dianut.

Analisis stratejik

-internal

-eksternal

            Proses manajemen stratejik bermula pada gambaran maksud mendasar didirikannya suatu organisasi serta nilai-nilai organisasi yang diharapkan, yang dicerminkan sebagai visi dan misi organisasi. Kemudian proses itu dilanjutkan dengan penetapan tujuan dan sasaran yang merupakan target-target yang spesifik. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis startejik, dari eksternal maupun internal, dan mempertimbangkan tujuan dan sasaran organisasi yang telahditetapkan, maka dirumuskanlah strategiangdiharapkan dpat mengkoordinasi sarana dan kegiatan organisasi agar dapat mengarah pada pencapaiantujuan dan sasarn organisasi yang telahditetapkan. Kemudian startegi yang telah dirumuskan diangkat  atau diungkit dalam pengimplementasian yang didukung oleh kepemimpinan stratejik, dimana pelaksanaan nya selalu dipantau agar dapat sejalan dengan strategiorganisasi.

RECENT POSTS