Pengertian Wisata EdukasiPengertian Wisata Edukasi

Wisata Edukasi adalah wisata berupa kegiatan perjalanan dengan tujuan pendidikan, misalnya untuk belajar maupun studi banding di suatu sekolah atau universitas. Salah satu usaha untuk melestarikan potensi wisata pada generasi yang akan datang adalah dengan memperkenalkan kepada para siswa melalui sekolah mengenai keanekaragaman potensi wisata yang berada di daerahnya sebagai kebanggaan daerah dalam kurikulum muatan lokal. Pengembangan kurikulum muatan lokal yang ingin dikembangkan melalui penelitian ini didorong oleh adanya kebutuhan untuk memperkenalkan, melestarikan dan meng-embangkan potensi pariwisata sebagai kebanggaan daerah pada siswa.

Jenis-JenisWisata Edukasi;

  1. Wisata Ilmu Pengetahuan adalah wisata edukasi yang berbasis kepada pendidikan ilmu pengetahuan
  2. Wisata Olahraga adalah Wisata yang berbasis kepada Pendidikan Secara fisik atau kesehatan jasmani.
  3. Wisata Kebudayaan adalah wisata yang akan membuat siswa atau pengunjung untuk mengenal budaya, seni, adat istiadat, sejarah lebih dalam lagi.
  4. Wisata Edukasi Agrobisnis adalah wisata berupa pendidikan pertanian dan perternakan kepada siswa atau pengunjung pada umummnya, wisata ini akan mengenalkan kepada pengunjung berbagai proses pertanian, peternakan, mulai dari proses awal hingga mendapatkan hasil.

 

  1. Manfaat Wisata Edukasi:

Wisata edukasi menurut (Ketut Suwena 2017), dalam buku Pengetahuan Ilmu Parawisata;

  1. Memberikan keuntungan ekonomi kepada fasilitas-fasilitas berstandar lokal, seperti boarding house dan tempat makan lokal.
  2. Dapat menyebabkan terjadinya pertukaran pikiran dan pertukaran kebudayaan (akulturasi budaya) misalnya dalam bahasa, teknologi, pola pikir, dan sebagainya.
  3. Dapat mengembangkan suatu sekolah atau universitas yang dipilih sehingga dapat meningkatkan gengsi dan akreditas sekolah tersebut.
  4. Sebagai sarana politik dalam membina hubungan yang baik antar negara penerima educational tourist dengan negara pengirim educational tourist.

Sumber: https://hon.co.id/temukan-gelombang-gravitasi-ahli-astrofisika-menangkan-nobel/