PASAR EROPA BARAT

                        Negara-negara Eropa Barat merupakan negara terkaya di dunia, yang menarik bisnis perhatian bisnis yang ingin memasarkan produk mereka kepada konsumen makmur di daerah tersebut. Terdiri dari 28 negara yang berusaha mendorong perdamaian dan kemakmuran Eropa dan mengurangi hambatan bersama terhadap perdagangan dan investasi. UE telah membuat langkah yang sangat besar dalam mencapai tujuannya. Dengan GDP 2011sebesar $17,6 triliun. UE merupakan salah satu pasar terkaya di dunia. Para anggota UE adalah negara-negara demokrasi parlementer yang berorientasi pasar bebas. 17 anggota UE telah menghapuskan mata uangnya dan menggantiknnya dengan mata uang euro (€). Peran pemerintah dan kepemilikannya lebih memainkan peran yang sangat penting daripada dalam ekonomi AS.

                        Dalam perspekif ekonomi, Jerman adalah anggota UE yang paling penting. Dengan GDP 2011 sebesar $3,6 triliun, negara ini memiliki ekonomi terbesar keempat di dunia. Jerman merupakan pemain utama dalam bisnis internasional, negara ini juga menjadi eksportir barang terbesar ketiga di dunia. Oleh karena kekuatan ekonomi Jerman dan kebijakan anti inflasi pemerintahnya sangat ketat, Jerman telah memainkan peran utama dalam merusmuskan kebijakan ekonomi untuk UE.

                        Secara politis, Prancis menjalankan kepemimpinan yang kuat dalam UE. Pemerintah Prancis telah menjadi pendukung utama unuk mendorong kebijakan pertahanan dan luar negeri Eropa bersama dan memperkuat hak asasi manusia dan hak pekerja dalam UE. Namun demikian, posisi Prancis ini bukan tanpa tantangan. Inggris telah melawan banyak inisiatif untuk memperluas kekuasaan UE dan sebagai pendukung kuat perdagangan bebas, telah memberikan kekuatan penyeimbang yang penting terhadap kecenderungan proteksionis Prancis. Inggris merupakan pusat keuangan internasional utama.

                        Banyak anggota UE merupakan dari Uni Sovyet. Setelah blok Uni Sovyet bubar dan Uni Sovyet hancur pada tahun 1991, sistem perdagangan yang dibentuk sudah tidak berfungsi dan negara satelit bekas Uni sovyet harus menyesuaikan diri pada hilangnya pasar ekspor yang terjamin. Mereka juga harus merubah dari sistem komunis yang terpusat menjadi sistem pasar yang terdesentralisasi dan menerapkan reformasi politik,hukum,dan institusional yang diperlukan, sebuah proses yang difasilitasi oleh bergabungnya mereka dengan UE. Beberapa negara pada blok Uni Sovyet menjadi negara terjauh untuk melakukan proses ini dan telah mencapai status  pendapatan tinggi menurut ukuran bank dunia.

                        Ada beberapa negara di Eropa Barat yang kaya dan bukan menjadi anggota UE. Negara-negara tersebut diklasifikasikan sebagai negara berpendapatan tinggi oleh bank dunia seperti Islandia,Norwegia dan Swiss. Ekonomi dari negara Balkan seperti Bosnia dan Serbia diklasifikasikan sebagai berpendapatan menengah oleh bank dunia. Kemajuan ekonomi mereka pasca perang dingin diperlambat oleh kekacauan yang meliputi bubarnya Yugoslavia. Konflik-konflik ini mengakibatakan para investor mengurungkan niatnya untuk berinvestasi.

RECENT POSTS