PASAR AMERIKA UTARA

                        Amerika utara meliputi Amerika Serikat. Kanada, Meksiko, Greenland, dan negara-negara Amerika Tengah dan Karibia. Sebagai wilayah yang menghasilkan sekitar 26% dari hasil dunia.

            Amerika Serikat

                        Amerika Serikat hanya mempunyai populasi ketiga terbesar di dunia, tetapi mereka memiliki ekonomi tebesar, terhitung 21% dari GDP dunia sebesar 69,9 triliun pada 2011. Negara ini merupakan pasar utama untuk negara-negara berpenghasilan lebih rendah yang beusaha meningkatkan standar hidup mereka melalui strategi pembangunan ekonomi berorientasi ekspor. Negara ini juga merupakan pasar utama bagi perusahaan dari negara-negara berpenghasilan lebih tinggi yang berusaha untuk menarik bisnis dari kelas menengahnya.

                        Dolar AS berfungsi sebagai mata uang penagihan (invoicing currency) mata uang yang penjualan barang dan jasa didenominasikan untuk separuh dari seluruh transaksi internasional dan merupakan komponen penting dari cadangan mata uang asing di seluruh dunia. Oleh karena stabillitas politik dan kekuatan militernya, Amerika Serikat juga menarik pelarian modal (flight capital) yaitu uang yang dikirim keluar dari negara yang secara politik atau secara ekonomi tidak stabil ke negara yang aman. Warga yang tidak yakin pada matau uang negaranya sendiri lebih memilih untuk menyimpannya dalam dolar. Amerika Serikat juga merupakan penerima penting dari investasi asing jangka panjang.

                        Meskipun perdagangan Internasional telah menjadi sangat penting, tetapi masih menjadi komponen yang relatif kecil dari ekonomi AS. Ekspor barang dan jasa AS pada tahun 2012 hanya 14% dari GDP dari negara tersebut. Oleh karena ukuran negara tersebut sangat besar, maka perdagangan yang mungkin dimasukkan sebagai perdagangan internasional di negara-negara yang lebih kecil dianggapa sebagai perdagangan domestik di AS.

            Kanada

                        Kanada merupakan negara yang mempunyai massa daratan terbesar kedua didunia. Ekspor merupakan hal yang vital bagi negara ini, yang membentuk 31% dari GDP negara ini pada tahun 2011. AS adalah pasar dominan untuk barang-barang dari Kanada. As menerima lebih dari tiga perempat ekspor Kanada dalam setahun. Perdagangan dua negara ini membentuk hubungan perdagangan bilateral tunggal terbesar di dunia.

                        Para investor internasional telah lama tertarik pada Kanada karena kedekatannya dengan pasar AS yang sangat besar dan stabilitas ekonomi dan sistem hukumnya. Infrastruktur dan sistem pendidikan Kanada yang unggul juga berkontribusi pada kerja ekonominya. Namun ada ancaman di negara ini adalah konflik lama antara penduduk Kanada berbahasa Prancis (banyak yang tinggal di Quebec) dan penduduk Kanada yang berbahasa Inggris. Gerakan separatis (suatu gerakan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan suatu wilayah dari satu sama lain) yang kuat telah muncul di Quebec yang menekan penduduk Kanada berbahasa Inggris untuk mengadopsi kebijakan untuk berbaur dengan separatisme. Konflik ini telah mempengaruhi bisnis domestik dan internasional dalam banyak cara.

Sumber :

https://multi-part.co.id/tak-sempat-upacara-ikut-saja-upacara-bendera-online-ala-kaskus/