KAYU DAN CIRI-CIRI TUMBUHAN BERKAYU

KAYU DAN CIRI-CIRI TUMBUHAN BERKAYU

1.Pengertian Kayu

Kayu merupakan bahan mentah yang sangat tua. beribu-ribu tahun yang lalu, ketika hutan lebat menutupi kawasan yang luas dipermukaan bumi, orang-orang primitive menggunakan kayu untuk bahan bakar dan perkakas. Namun disisi lain kayu merupakan bahan dasar yang sangat moderen. Kubah-kubah kayu yang besar dan perabot- perabot kayu yang indah membuktikan kegunaan dan keindahannya. Bahkan dalam bentuk alih seperti kayu lapis, papan partikel, pulp dan kertas, serat, film, aditif dan banyak produk-produk lain. Sehingga tidaklah berlebihan jika dikatakan, bahwa kayu adalah salah satu produk alam yang sangat penting (Mody Lempang, et,al).

Kayu dihasilkan oleh tumbuhan yang berupa pohon. Pohon didefinisikan sebagai tanaman berkayu yang mempunyai tinggi 15-20 kaki atau lebih dengan ciri batang pokok yang tunggal dan bukannya batang yang banyak (Handayani, Fitri, 2016)

  1. 2. Ciri-ciri tumbuhan berkayu

Ciri-ciri tumbuhan berkayu (pohon) adalah:

  • Vaskular (memiliki jaringan pengangkut berupa xylem dan floem).
  • Perennial (dapat hidup beberapa tahun),
  • Mempunyai batang diatas tanah yang hidup bertahun-tahun.
  • Mengalami petumbuhan sekunder (penambahan diameter batang).
  1. 3.Pemanfaatan tumbuhan berkayu

Tumbuhan berkayu dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan, misalnya kontruksi bangunan, alat transportasi, kerajinan, pangan, obat, bahan bakar dan berbagai alat rumah tangga. Bagian tumbuhan berkayu yang umumnya dimanfaatkan masyarakat adalah akar, daun, bunga dan buah,

 

Sumber: https://imii.co.id/ini-ilmuwan-peraih-hadiah-nobel-fisika-2017/