Sebelum belajar tentang karakteristik akuntansi biaya standar, pertama-tama pelajari tentang definisi akuntansi biaya standar. Biaya standar adalah biaya yang pada awalnya ditentukan untuk setiap unit produksi atau untuk membiayai kegiatan tertentu dalam kondisi ekonomi tertentu, seperti tingkat efisiensi dan faktor-faktor lain (Valuation, 1995: 415).

Advertisements

Karakteristik biaya standar yang sangat unik dan membedakannya dari keperluan akuntansi biaya lainnya, antara lain (baca: Contoh masalah akuntansi biaya)

1. Ada standar teoritis

Biaya standar dalam implementasi memiliki standar teoritis yang ideal, sehingga sulit untuk dicapai dalam bisnis. Premis dasar dari standar teoretis ini adalah bahwa tingkat yang sangat efisien dapat dicapai dengan menerapkan kegiatan komersial, yang dapat digunakan untuk waktu yang relatif lama.

2. Hitung rata-rata biaya masa lalu

Pengeluaran standar memperhitungkan rata-rata pengeluaran tidak efisien masa lalu menurut siklus akuntansi biaya. Perhitungan biaya rata-rata berguna ketika perusahaan menerapkan sistem harga standar ketika mendirikan perusahaan baru dengan mempertimbangkan sifat akuntansi.

3. Menggunakan standar lama

Pengeluaran standar memperhitungkan perkiraan biaya di masa depan dengan asumsi bahwa kondisi dan norma ekonomi berlaku di masyarakat. Standar ini berguna untuk manajemen perencanaan jangka panjang dan pengambilan keputusan (kebijakan). Anda juga harus tahu perbedaan antara biaya dan pengeluaran dalam akuntansi.

Tain Aim untuk mencapai kinerja tinggi

Untuk mencapai tingkat implementasi terbaik, seseorang harus mempertimbangkan inefisiensi yang tidak dapat dihindari. Permasalahan yang menyebabkan diskualifikasi dapat dilihat beberapa waktu yang lalu melalui laporan keuangan dan laporan pertanggungjawaban lainnya. Menentukan biaya standar berguna untuk berbagai kegiatan operasi profesional untuk memfasilitasi penentuan harga jual produk atau layanan yang dihasilkan oleh perusahaan.

5. Cara untuk menentukan biaya standar

Metode penentuan biaya standar dibagi menjadi tiga bagian, biaya bahan baku standar, biaya tenaga kerja standar, dan biaya pabrik umum (Valuation, 1991: 419). Ada dua jenis biaya bahan baku standar. Pertama, harga standar (tarif) untuk bahan langsung, perubahan harga selama periode (1 tahun), standar yang berbeda untuk penggunaan setiap komponen, dan penghitungan biaya untuk departemen pengadaan harus ditentukan oleh harga satuan langsung bahan yang akan dibeli. Kedua, kuantitas standar bahan baku dapat ditentukan dengan inspeksi teknis dan analisis catatan masa lalu.

Tautan Sponsor

Ada analisis deviasi biaya aktual

Penyimpangan dari biaya standar ke biaya aktual disebut perubahan dalam sistem akuntansi biaya. Perbedaan harga aktual dari harga standar yang telah ditentukan dapat dianalisis dan penyebab perbedaannya dapat diselidiki. Perbedaannya, tentu saja, merugikan perusahaan, sehingga harus dihentikan atau setidaknya dibuat agar tidak menambah kerugian perusahaan.

Sumber: https://guruakuntansi.co.id

Baca juga: