Setiap hari, sistem kekebalan tubuh berfungsi melawan bakteri dan virus yang masuk sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sayangnya, ada kalanya tubuh dalam kondisi buruk, bisa jadi karena kelelahan atau faktor cuaca.

Ini sering menyebabkan demam dingin. Untungnya, berbagai jus buah di bawah ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jus untuk merangsang sistem kekebalan tubuh

Berbagai buah dan sayuran yang digunakan dalam resep ini mengandung vitamin dan antioksidan tinggi yang akan membantu mencegah penyakit. Jangan khawatir, Anda juga bisa mencoba membuat jus ini untuk membantu mengobati mereka yang sudah sakit. Apa resepnya?

1. Jus apel dan wortel

Sumber: Fit Live Eats Long
Beta-karoten adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Peningkatan sistem kekebalan tubuh juga akan memengaruhi risiko peradangan yang lebih rendah di dalam sel-sel tubuh. Beta-karoten ditemukan dalam banyak sayuran, salah satunya adalah wortel.

Selain itu, menambahkan air lemon ke resep jus untuk kekebalan juga akan membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C, yang dikenal sebagai Vitamin C adalah salah satu pendorong terbaik sistem kekebalan tubuh. Apel juga mengandung vitamin C.

Bahan yang diperlukan:

2 wortel besar
3 buah apel
1 lemon, peras airnya
Bagaimana melakukan:

Potong kedua ujung wortel dan sisihkan. Lalu potong-potong lagi.
Potong apel menjadi kisi-kisi dan sisihkan bijinya.
Tambahkan jus apel, wortel, dan lemon ke dalam blender. Jika sangat kuat, tambahkan air secukupnya, hancurkan hingga tercampur rata.
Jus siap minum.

2. jus sayuran hijau

Sumber: ThevegLive.com
Bayam kaya akan vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Bayam juga mengandung berbagai karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk beta-karoten, lisin, dan xantin.

Juga, salah satu gejala flu adalah rasa sakit di beberapa bagian tubuh. Jahe dalam resep jus ini untuk kekebalan Rahu akan membantu mengurangi rasa sakit. Efektivitasnya telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat menjadi mitra potensial untuk NSAID.

Bahan yang diperlukan:

60 g bayam, cuci bersih
2 jeruk
2 batang seledri besar
Jahe 2 cm
Bagaimana melakukan:

Kupas jeruk dan parut. Potong sayuran menjadi potongan-potongan.
Tambahkan sedikit air, tambahkan semua bahan dengan jahe kupas, lalu nyalakan mesin dan tumbuk sampai semua bahan tercampur.
Jus siap disajikan.

3. Bit, apel, dan wortel

Jus bit
Sumber: citarasa yang diilhami
Beberapa dari Anda mungkin tidak menyukai rasa bit yang kuat dan bersahaja. Padahal, buah ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jus bit juga efektif menjaga kesehatan jantung karena jumlah asam folat.

Bahan yang diperlukan:

1 selada sedang, kupas dan potong dadu
1 apel
3 wortel, kupas epidermisnya
Jahe 2 cm
Bagaimana melakukan:

Masukkan semua buah cincang ke dalam blender, tambahkan potongan jahe dan air secukupnya.
Saring jus menggunakan ayakan sambil diaduk untuk menghilangkan cairan.
Jus siap disajikan.

Baca juga: