Table of Contents

 JALUR BARAT LAUT

            Awal dari pasar dan pusat bisnis global ini adalah dari pedagang eropa yang menjelajahi jalur barat laut, yang disebut-sebut adalah jalur yang bisa memberi akses kekayaan Asia dengan melewati laut arktika. Meskipun dengan usaha terbaik para pedagang itu, mereka tidak menemukan jalur seperti itu, tudung es arktik menggagalkan seluruh usaha tersebut.

            Namun tudung es yang menghilang tersebut telah memunculkan prospek bahwa jalur barat laut itu sekarang menjadi fisibel. Dua rute arktik tersebut dapat terbukti fisibel secara komersial. Pertama jalur barat laut yang terkenal, menembus melalui banyak pulau Arktik Kanada, dan kemudian keluar disebelah selatan Greenland untuk menuju Eropa atau pantai Timur Amerika. Kedua rute laut utara, yang mengikuti garis pantai siberia timur dan memasuki lautan arktik melalui selat bering. Rute laut utara kemudian melintasi perairan utara siberia hingga mencapai pelabuhan bebas es murmanks yang terkenal, yang dapat diakses dengan mudah dari lautan atlantik dan pelabuhan-pelabuhan yang sibuk di Eropa.

            Para peneliti Cina meyakini perutean kutub tersebut dapat berkembang menjadi kordior perdagangan dunia yang paling penting. Bagi banyak perutean kargo, jarak antara pelabuhan Eropa Barat dan pelabuhan Asia Timur dapat dipangkas sehingga sepertiganya dengan menggunakan jalur barat laut atau rute laut utara. Negara perdagangan besar Asia seperti Cina,Jepang, dan Korea Selatan mencurahkan uang mereka untuk mengadakan riset pemecah es dan kapal yang mampu melewati es untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurangi waktu tempuh dan biaya ke pasar Eropa.

            Tidaklah mengejutkan, seiring tudung es tersebut menyusut dan membuat eksploitasi komersial di area tersebut semakin fisibel, negara-negara menjadi semakin agresif dalam memancangkan klaim mereka terhadap arktik. Dewan Arktik, yang terdiri dari negara-negara dengan klaim teritorial terhadap arktik (Kanada,Denmark,Finlandia,Norwegia,Rusia,Swedia,dan Amerika Serikat) adalah organisasi internasional utama yang menangani isu tersebut. Dewan Arktik yang didirikan pada 1996 tersebut ditugaskan untuk mengembangkan aturan dan prosedur untuk melindungi lingkungan Arktika yang rapuh,mendorong pembangunan yang berkelanjutan,dan mengoordinasikan riset ilmiah.

Sumber :

https://jilbabbayi.co.id/nokia-8-resmi-dirilis-ini-spesifikasinya/