Baterai adalah salah satu komponen utama ponsel dan perangkat portabel modern lainnya. Baterai yang digunakan oleh HP adalah baterai yang dapat diisi ulang. Hanya saja baterai tidak dapat digunakan selamanya adalah umur dari nama panggilan.

Seiring waktu, masa pakai baterai akan terus berkurang. Apalagi jika perangkat ini digunakan terlalu banyak setiap hari, hidupnya dapat dipersingkat dengan cepat.

Sistem pada perangkat yang lebih baru umumnya dapat membaca status baterai dengan benar. Tetapi ketika baterai mulai rusak, sistem mungkin mengalami kesulitan membaca status baterai secara akurat. Jika itu terjadi, mungkin sudah waktunya untuk mengkalibrasi baterai.

Apa itu kalibrasi baterai?

* Sumber: pixabay.com

Pengguna ponsel pintar Android dapat mendeteksi status baterai perangkat yang mereka gunakan. Hanya saja sistemnya tidak selalu akurat ketika membaca status baterai.

Ada kalanya data yang ditampilkan terkadang tidak akurat. Sebagai contoh, kondisi baterai menunjukkan bahwa daya masih tersedia 90% dan dapat bertahan hingga 12 jam di masa depan, tetapi ternyata ponsel mati segera setelah daya habis.

Jika Anda mengalami sesuatu seperti ini, Anda dapat mengkalibrasi baterai HP Android yang Anda gunakan. Jadi apa kalibrasi baterai? Kalibrasi pada baterai pendek adalah proses normalisasi baterai sehingga sistem dapat membaca kembali keadaan sebenarnya.

Apakah Anda perlu mengkalibrasi baterai?

* Sumber: picryl.com

Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi mengapa kinerja baterai HP Anda menurun, apakah itu karena kalibrasi sistem Android atau baterai itu sendiri? Jika sistem tidak dapat membaca status baterai dengan benar, kalibrasi mungkin diperlukan. Sebaliknya, jika baterai baterai benar-benar rusak, maka cara terbaik adalah menggantinya.

Cara mengkalibrasi baterai HP cukup mudah dilakukan sendiri tanpa pergi ke pusat layanan perangkat. Selain itu, hasil kalibrasi baterai juga akan membantu Anda memutuskan apakah akan membeli perangkat baru.

Perlu diingat bahwa mengkalibrasi baterai tidak akan meningkatkan kinerja baterai, tetapi itu hanya akan membantu sistem membaca status baterai secara akurat sekali lagi.

Cara Mengkalibrasi Baterai Android

Kalibrasi baterai Android dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan dan tanpa akses root. Perlu dicatat bahwa tidak ada standar standar untuk kalibrasi baterai Android ini, baik dari produsen perangkat dan produsen baterai. Berikut adalah dua cara Anda dapat mencoba kalibrasi baterai Android.

1. Tidak ada akses root

* Sumber: commons.wikimedia.org

Cara termudah dan paling umum untuk mengkalibrasi baterai Android adalah mengisi penuh dan kemudian melepasnya (tidak menghapus pohon penghapusan, tetapi lepaskan). Metode ini dapat dilakukan tanpa perlu akses root, membuatnya cepat dan mudah. Inilah langkah-langkahnya.

Biarkan perangkat Anda menggunakan baterai sampai mati.
Isi daya baterai tanpa menghidupkan perangkat dan tetap mengisi penuh sampai indikator di layar menunjukkan 100%.
Putuskan sambungan perangkat dari pengisi daya.
Nyalakan perangkat. Jika ternyata indikator baterai pada layar tidak 100% terlihat, isi ulang baterai hingga indikator menunjukkan 100%. Jaga perangkat Anda tetap hidup.
Cabut perangkat dari pengisi daya lalu hidupkan kembali. Jika indikator baterai tidak menunjukkan 100% lagi, isilah baterai 100% lagi.
Anda dapat mengulangi siklus ini sampai indikator baterai menunjukkan 100% sampai perangkat restart tanpa menghubungkan ke pengisi daya.

Kemudian isi daya perangkat hingga baterai kosong dan matikan.
Langkah selanjutnya adalah mengisi penuh baterai sekali lagi tanpa gangguan.
Nah ini cara mudah untuk mengkalibrasi baterai Android tanpa akses root. Perlu dicatat bahwa tidak dianjurkan untuk menjalankan prosedur ini secara teratur. Jika Anda melakukan hal di atas terlalu sering, Anda mungkin memiliki masalah besar dengan perangkat yang Anda gunakan.

Membiarkan baterai HP atau tablet Anda kosong bukan ide yang baik untuk mematikan perangkat Anda, dan sebaliknya. Namun, ada kabar baik yang harus Anda ketahui.

Sumber: https://jagoandzgn.com

Baca juga: