ULASAN REALME 6: PONSEL CERDAS PEMBUAT ANGGARAN

 

ULASAN REALME 6 PONSEL CERDAS PEMBUAT ANGGARAN

ULASAN REALME 6 PONSEL CERDAS PEMBUAT ANGGARAN

Apa yang dimaksud dengan MediaTek G90T SoC, tampilan 90 Hz, dan harga yang dimulai pada Rs 13.999 diterjemahkan? Sangat mungkin pengalaman bermain terbaik yang dapat Anda miliki di smartphone murah saat ini.

Realme 6 ditenagai oleh MediaTek G90T SoC yang dirancang dengan pemikiran grafis yang lebih spesifik, khususnya untuk membantu bermain game. Dipasangkan dengan RAM 4/6/8 GB dan penyimpanan 64 atau 128 GB UFS 2.1. Unit ulasan saya sepenuhnya berspesifikasi dengan 8 GB RAM dan 128 GB penyimpanan.

Barang tidak berakhir di sana. Ponsel cerdas Rs 13.999 ini memiliki baterai 4,300 mAh, pengisian daya cepat 30 W gila melalui USB-C, layar FHD 6,5 inci + 90 Hz, dan pengaturan kamera quad 64 MP di bagian belakang.

Ulasan Realme 6: Ponsel cerdas pembuat anggaran
Puncak Realme 6 adalah layar 90 Hz-nya. Gambar: Anirudh Regidi

Seperti kebanyakan smartphone murah saat ini, Realme 6 tidak terlihat semurah itu, meskipun saya harus mengakui bahwa itu memang terlihat dan terasa sedikit lebih murah daripada pesaing terdekatnya, Redmi Note 9 Pro.

Bagian belakang menampilkan “desain terinspirasi komet”, yang seperti yang Anda lihat dalam gambar, memang terlihat menarik, dan kemudian ada benjolan kamera besar di bagian belakang. Bagian depan hampir semua layar, dengan kamera self-punch lubang dimasukkan ke sudut kiri atas layar.

Ini juga bagus bahwa masih ada jack headphone.

Cukup dengan spesifikasinya. Seberapa baik game itu?
Dalam satu kata: mengagumkan.

Anda tidak dapat melihat 90 Hz begitu terbiasa, dan G90T memanfaatkan sepenuhnya kecepatan refresh rate yang tinggi dengan memastikan UInya tajam dan game seperti PUBG Mobile berjalan dengan lancar. Saya biasanya mengubah pengaturan grafis di PUBG , tetapi dalam kasus Realme 6, saya menolaknya sehingga saya bisa membiarkan GPU meluruskan kakinya dan mengambil keuntungan penuh dari tampilan cepat.

Realme 6. Gambar: Anirudh Regidi
Realme 6 sangat mungkin menawarkan pengalaman PUBG Mobile terbaik di bawah 15k. Gambar: Anirudh Regidi

Dan bocah itu baik. Saya tidak terlalu gamer smartphone – PC lebih cepat daripada saya – tetapi saya terkesan dengan betapa dalamnya pengalaman PUBG pada pengaturan grafis terendah. Jangan salah paham, ponsel ini dapat menangani gambar maksimal pada apa yang terlihat antara 30 dan 60 fps – tergantung pada tindakan di layar – tetapi pengaturan tersebut tidak sesuai dengan tampilan. Grafik “Lancar” dan framerat “Ekstrim” adalah tempatnya.

Masalahnya dengan 90 Hz adalah Anda merasa lebih terhubung dengan game Anda. Ada umpan balik segera untuk tindakan Anda, yang terasa hampir subliminal. Pada Rs 13.999, itu adalah fitur pembunuh untuk dimiliki.

Telepon memang cenderung menjadi hangat selama sesi permainan, tapi itu sudah diduga.

Jika Anda mencari ponsel gaming dengan anggaran terbatas, Realme 6 tidak dapat dikalahkan. 60 Hz, penawaran Snapdragon 720G seperti Redmi Note 9 Pro bahkan tidak mendekati.

Bagaimana dengan yang lainnya?
Saat Anda bergerak di luar game, celah mulai terlihat. Pengisian cepat sangat bagus, seperti kecepatan refresh, tetapi usia baterai dan akurasi warna terpukul. Bahkan Samsung dan Apple tidak membundel pengisi daya cepat dengan ponsel mereka, meskipun mungkin dengan alasan yang bagus.

Berpegang pada 90 Hz memiliki dampak yang nyata pada usia baterai. Tes masa pakai baterai PCMark Work 2.0 standar kami menunjukkan 7 jam 20 menit pada 90 Hz dan 8 jam 30 menit dalam mode adaptif. Mode adaptif beralih antara 60 dan 90 Hz sesuai kebutuhan. Saya masih cenderung bertahan dengan 90 Hz karena betapa menyenangkannya itu, dan fakta bahwa pengisi daya 30 W membuat ponsel begitu cepat berarti bahwa saya tidak benar-benar peduli tentang masa pakai baterai.

Realme 6. Gambar: Anirudh Regidi
Desain “terinspirasi komet” Realme 6 tampak hebat jika menangkap cahaya tepat. Gambar: Anirudh Regidi

Layar, sementara cepat, agak luntur dan dengan banyak cahaya latar terlihat. Melihat off-axis, seperti ketika Anda sedang melihat telepon saat berada di atas meja, juga menunjukkan banyak perdarahan. Sangat menonjol sehingga saya menonaktifkan mode gelap dan mengganti wallpaper saya menjadi sesuatu yang lebih cerah dan lebih bersemangat untuk menutupi efeknya.

Kontras buruk karena ini, dan gambar dan video cenderung terlihat datar. Anda dapat menonton Netflix dan

YouTube dalam HDR di ponsel ini, tetapi video tidak terlihat sebagus pada tampilan ini seperti pada, misalnya, tampilan Redmi Note 9 Pro.

Kualitas kamera juga tidak sebagus yang saya inginkan. Sistem kamera belakang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra lebar 8 MP, kamera potret 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Kamera 2 MP semuanya tidak berguna dan saya merasa hanya ada di sana untuk mengisi lembar spesifikasi. ‘Quad camera’ hanya terdengar lebih baik dari ‘dual camera’, bukan?

Realme 6. Gambar: Anirudh Regidi
Sangat menyenangkan melihat port USB-C dan jack headphone. Gambar: Anirudh Regidi

Lagi pula, seperti pada kebanyakan telepon anggaran, kualitas gambar bagus dalam pencahayaan yang baik dan dapat diterima dalam cahaya rendah. Ada mode malam dan stabilisasi, tetapi gambar yang dipotret dalam kondisi apa pun tidak sebagus yang dipotret pada saingan seperti Redmi Note 9 Pro. Mereka baik-baik saja dalam isolasi, itu hanya pada perbandingan langsung bahwa Anda akan melihat masalah.

Ketidakmampuan untuk fokus adalah masalah sebenarnya. Kamera cenderung memburu subjek dan lebih sering daripada tidak, Anda akan berakhir dengan bidikan tidak fokus.

Kamera selfie 16 MP bagus, tapi frustasi, berlebihan dengan fitur AI yang mempercantik.

Kedua kamera tampaknya menderita masalah pengukuran dan cenderung mengekspos adegan secara default.

Rekaman video dapat diterima, dan mode stabilisasi UIS (elektronik) memang membantu menjaga hal-hal menjadi lancar saat diperlukan, tetapi tidak ada yang membuat Anda bersemangat dan lebih sering tidak, menyebabkan bengkok parah. Slo-mo tidak berguna dalam hal apa pun kecuali yang terbaik dari pencahayaan.

Anda dapat memeriksa contoh gambar di bawah ini:

Putusan: Apakah saya menyebutkan bahwa ini adalah smartphone gamer?
Realme 6 bukan ponsel serba bisa yang hebat, tetapi ini adalah ponsel gaming yang hebat dan kompromi yang dibuat untuk memastikan ponsel itu tetap menjadi ponsel gaming yang hebat sementara penjualan di bawah 15k, menurut saya, dibenarkan.

Ya, masalah-masalah seperti backlight bleed dan kualitas kamera patut diperhatikan, tetapi mereka hanya masalah

jika dibandingkan dengan kompetitor.

Jika Anda peduli tentang hal lain selain bermain game, dapatkan sendiri Redmi Note 9 Pro.

Jika Anda menginginkan ponsel gaming terbaik di bawah 15k, Realme 6 adalah yang Anda inginkan.

Sumber:

https://www.dosenmatematika.co.id/seva-mobil-bekas/