Thuan Pham, yang melarikan diri dari Vietnam sebagai seorang anak dan menjadi CTO Uber pada 2013, meninggalkan perusahaan itu

 

Thuan Pham, yang melarikan diri dari Vietnam sebagai seorang anak dan menjadi CTO Uber pada 2013, meninggalkan perusahaan itu

Thuan Pham, yang melarikan diri dari Vietnam sebagai seorang anak dan menjadi CTO Uber pada 2013, meninggalkan perusahaan itu

Thuan Pham, yang dipekerjakan sebagai chief technology officer Uber oleh mantan CEO Travis Kalanick pada tahun 2013, meninggalkan perusahaan dalam tiga minggu, raksasa perjalanan-berbagi yang terungkap hari ini dalam pengarsipan SEC yang keluar tepat saat The Information melaporkan bahwa PHK besar-besaran di Uber sedang diusulkan untuk melestarikan beberapa cadangan modal berkurang perusahaan.

Outlet tersebut menyarankan pemotongan yang dibahas dapat berdampak pada 20 persen dari 27.000 karyawan

Uber, sekitar 800 di antaranya secara teoritis dapat berasal dari tim teknik Pham, yang saat ini terdiri dari 3.800 orang.

Kata juru bicara Uber kepada Amir Efrati dari The Information: “Seperti yang Anda harapkan, perusahaan melihat setiap skenario yang mungkin untuk memastikan kita sampai ke sisi lain dari krisis ini dalam posisi yang lebih kuat dari sebelumnya.”

Uber sangat terpukul karena banyak negara dan dunia tetap di rumah, menunggu vaksin untuk – atau setidaknya lebih banyak pengujian di sekitar – COVID-19. Kamis lalu, Uber mengatakan pihaknya memperkirakan biaya penurunan nilai hingga $ 2,2 miliar pada kuartal pertama karena wabah dan untuk pendapatan menukik sebesar $ 17 juta menjadi $ 22 juta pada kuartal tersebut. (Perusahaan akan melaporkan hasil kuartal pertama Kamis depan.)

Sementara itu, Pham telah menjadi eksekutif top dengan masa kerja terlama di Uber, melebihi bukan hanya Kalanick, yang terpaksa mengundurkan diri sebagai CEO pada tahun 2018, tetapi juga anggota dari apa yang disebut “tim” Kalanick sebagai penasihat terpercaya. Termasuk dalam lingkaran ini: Ryan Graves, yang merupakan salah satu karyawan pertama Uber dan anggota dewan perusahaan hingga Mei lalu ; Mantan kepala produk Uber, Daniel Graf, yang sejak itu memulai perusahaannya sendiri ; Eric Alexander, yang adalah presiden bisnis Uber di Asia dan dipecat pada 2017 karena menangani penyelidikan pemerkosaan di India; dan Emil Michael, mantan SVP bisnis Uber yang kontroversial yang meninggalkan perusahaan pada tahun 2017, meskipun masih belum diketahui apakah ia mengundurkan diri atau dipecat.

Karirnya di Uber mungkin berakhir pada 2017, setelah mantan insinyur Uber Susan Fowler secara terbuka menuduh Pham dan departemen SDM Uber mengabaikan keluhannya tentang seksisme di tempat kerja . Investigasi eksternal membuatnya bersih .

Pham – yang direkrut oleh Kalanick dari VMWare, tempat ia menghabiskan delapan tahun sebelumnya – berdiri

untuk menghasilkan lebih dari $ 200 juta dari IPO Uber tahun lalu, menurut Business Insider . Saat itu, ia memiliki 5,4 juta saham.

Ini adalah kisah sukses Amerika. Pada usia 12, Pham melarikan diri dari Vietnam bersama ibu dan saudara lelakinya di sebuah kapal nelayan yang dilaporkan membawa puluhan pengungsi lainnya. Setelah pertama kali menghabiskan 10 bulan di kamp di Indonesia yang ia gambarkan tidak memiliki sanitasi dan hanya menawarkan terpal di atas kepala mereka, keluarganya kemudian tiba di Maryland dan Pham, seorang siswa yang sangat baik, akhirnya belajar di MIT.

Pham akan melanjutkan untuk meraih gelar master di bidang teknik listrik dari universitas sebelum tertarik untuk bekerja di Lembah Silikon, di laboratorium penelitian Hewlett Packard.

Dia hanya tinggal tiga tahun. Dalam sebuah wawancara ekstensif dengan CNN pada tahun 2016, ia mengatakan menjadi “bosan” di HP sehingga bergabung dengan Silicon Graphics, yang salah satu pendirinya, Jim Clark, kemudian akan mendirikan Netscape dengan Marc Andreessen muda.

“Itu adalah langkah yang signifikan,” katanya kepada outlet, “tetapi saya menghancurkan hati ibu saya. Dia pikir aku

gegabah. Dalam pandangannya, saya harus tetap membangun karier di perusahaan yang stabil seperti HP selama 30 tahun dan pensiun dengan arloji emas. ”

Pham berbicara di sebuah acara startup pada bulan Februari, kira-kira satu bulan sebelum Bay Area melembagakan aturan perlindungan di tempat. Anda dapat melihat ceramah di bawah ini.

Baca Juga: