Awas, kamera cctv bisa jadi “mata” hacker

Awas, kamera cctv bisa jadi mata hacker

Para ahli Kaspersky Lab telah menemukan beberapa kerentanan keamanan pada kamera pengawas dari produsen ternama yang sering digunakan untuk memonitor bayi, atau untuk pengawasan keamanan internal di rumah dan kantor.

Menurut penelitian, kerentanan yang tidak diketahui ini memungkinkan penyerang mendapatkan akses jarak jauh terhadap rekaman video dan audio dari kamera pengawas, menonaktifkan perangkat dari jarak jauh, sewaktu-waktu meluncurkan kode berbahaya pada kamera pengawas dan melakukan banyak hal lainnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin, Kaspersky Lab menyebutkan bahwa para ahli

menemukan tidak hanya satu, namun seluruh lini kamera pengawas dari produsen tertentu ternyata rentan terhadap sejumlah serangan jarak jauh yang merusak.

Ini disebabkan oleh sistem cloud-backbone yang dirancang tanpa memikirkan hal keamanan yang pada awalnya memang sengaja dibuat untuk memungkinkan pemilik kamera pengawas ini untuk mengakses video dari perangkat mereka dari jarak jauh.

Kerentanan ini dimanfaatkan oleh penyerang untuk mendapatkan akses root ke kamera dari jarak jauh dan menggunakannya sebagai pintu masuk untuk serangan lebih lanjut terhadap perangkat lain di jaringan lokal dan eksternal.

Tidak hanya iitu, penyerang juga dapat mengunggah dan meluncurkan kode

berbahaya sewaktu-waktu terhadap kamera dari jarak jauh.

Bahkan, mereka dapat mencuri informasi pribadi seperti akun dan informasi jejaring sosial pengguna yang digunakan untuk mengirim notifikasi kepada pengguna, serta melakukan brick terhadap kamera yang rentan dari jarak jauh.

Setelah menemukan hal ini, para ahli Kaspersky Lab segera

menghubungi dan melaporkan kerentanan kepada Hanwha Techwin, produsen kamera pengawas yang terkena dampak serangan.

 

sumber :

https://cipaganti.co.id/hike-messenger-apk/