Kebiasaan menggigit kuku barangkali terdengar biasa untuk sebagian orang, bahkan biasa dilakukan untuk sebagian lainnya.

Namun urgen untuk diketahui bahwa kelaziman ini ternyata memiliki akibat buruk untuk kesehatan.

Tak jarang ada empiris buruk yang menimpa seseorang, sebab kebiasaan yang dirasakan sederhana ini. Salah satu kisahnya ialah seorang mantan tukang pos Skotlandia mempunyai nama Steven MacDonald. Ia memiliki kelaziman tersebut telah sejak paling lama. Namun tak disangka kebiasaannya tersebut berdampak fatal, bahkan nyaris merenggut nyawanya.

Pria berusia 48 tahun tersebut mengalami infeksi pada jarinya sebab kebiasaanya menggigit kuku. Hal tersebut membuat jari Steven membengkak dan bernanah. Awalnya ia telah pergi ke apotek dan seorang apoteker menganjurkan Steven untuk melakukan pembelian magnesium sulfat yang dapat dipakai untuk menerbitkan nanah atau infeksi dari kulit.

Meskipun telah mengekor saran apoteker, situasi jarinya tetap tidak membaik. Jari Steven semakin membengkak dan bernanah hijau.

Hal ini bisa terjadi lantaran terdapat bakteri tertentu di bawah kuku yang dapat masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan infeksi darah dengan tingkat keparahan yang tinggi yang dinamakan sepsis. Jika sepsis tidak segera ditangani, urusan ini dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itu, kelaziman menggigit jari butuh dihilangkan.

Melansir laman Bright Side, Selasa (28/4/2020), berikut ialah 5 tips yang dapat Anda ikuti guna mulai menghilangkan kelaziman menggigit kuku:

1. Usahakan Agar Kuku Selalu Pendek
Biasanya, orang ingin menggigit kukunya yang mulai panjang. Maka dari itu, jagalah supaya kuku tidak jarang kali pendek agar Anda bukan lagi merasa hendak menggigitnya.

2. Gunakan Sarung Tangan atau Perban di Jari
Jika kita masih kendala untuk menahan kemauan menggigit kuku, usahakanlah untuk menahannya dengan sarung tangan atau perban. Dengan ini, secara tidak langsung kita akan mengajar diri guna tidak menggigit kuku.

3. Coba Gigit Hal Lain
Kebiasaan gigit kuku mungkin diakibatkan oleh kelaziman mulut kita juga. Jika masih terbiasa menggigit sesuatu, jajaki lah gigit urusan lain laksana permen karet.

4. Lembabkan Tangan Ketika Terasa Ingin Menggigit Kuku
Di samping menjaga supaya tangan tetap lembab, pelembab juga dapat menjadi distraksi supaya tidak menggigit kuku.

5. Sibukkan dengan Kegiatan Lain

Mendistraksi dengan pekerjaan lain juga dapat menjadi salah satu teknik menahan kemauan menggigit kuku. Dengan mengerjakan hal lain, Anda bakal lupa dengan kemauan untuk menggigit kuku.

Baca Juga :