Berdayakan Perempuan, Zilingo Luncurkan SheWorkz

 

Berdayakan Perempuan, Zilingo Luncurkan SheWorkz

Berdayakan Perempuan, Zilingo Luncurkan SheWorkz

Angkatan kerja antara pria dan wanita mungkin mempunyai porsi sama di Indonesia, namun kecenderungannya,

wanita bekerja dalam durasi yang lebih sebentar dibandingkan pria.

Hal itu dikarenakan jam kerja wanita ‘menuntut’ waktu bekerja yang lebih fleksibel. Sehingga lebih banyak wanita yang memulai usaha sendiri, daripada bekerja di suatu perusahaan.

Melihat fenomena itu, platform jual-beli busana Zilingo mengumumkan inisiatif terbaru yang bernama SheWorkz, sebuah program manufaktur terdesentralisasi untuk memberdayakan perempuan yang bergerak di bidang usaha mikro.

Menurut Zilingo, perempuan merupakan kalangan yang kurang terwakili dan terkompensasi dengan baik dalam

ekonomi global. Di Asia Selatan dan Tenggara, perempuan berkontribusi sekitar 31% untuk tenaga kerja dengan kontribusi yang jauh lebih kecil terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), hanya sebesar 24%.

SheWorkz dari Zilingo memberikan kesempatan pada para perempuan yang ada di rumah untuk memanfaatkan waktu luang dan ruang di rumah mereka dengan memberikan mereka pelatihan kerja, pendanaan, dan peluang pengembangan bisnis, dengan demikian membawa perempuan kembali ke dunia kerja, sesuai dengan ketentuan dan persyaratan mereka sendiri.

SheWorkz dari Zilingo akan membuka jalan menuju kemandirian finansial bagi para perempuan dengan mengeliminasi kendala yang biasa dihadapi di tempat kerja tradisional.

Zilingo bertujuan untuk memperluas jangkauan SheWorkz dan meningkatkan keterampilan lebih dari 2.000 wanita di negara-negara seperti India, Bangladesh, Vietnam dan Kamboja pada tahun 2022.

Program empat tahap SheWorkz:

Para perempuan akan diidentifikasi untuk kelayakan berpartisipasi dalam program, dan kemudian akan diikutkan

dalam kursus pelatihan kejuruan selama 20 hari yang didanai secara penuh oleh Zilingo guna membangun keterampilan penting seperti pembuatan batik, desain pola, menjahit, kewirausahaan dan literasi keuangan.
Para peserta kemudian dikelompokkan berdasarkan tingkat keterampilan dan letak geografis untuk membentuk ‘pabrik mikro’.
Pabrik mikro ini kemudian dihubungkan ke pasar global melalui jaringan Zilingo di mana mereka memiliki

kesempatan untuk menerima pesanan dari merek (brand) yang ada.
Zilingo akan menyediakan akses ke keuangan mikro melalui jalur kredit terverifikasi dari para mitra.

“Sebagai pilot project, pada luartal keempat 2019 ini Sheworkz akan digelar di tiga kota di Indonesia, yakni Jakarta, Cirebon, dan Tasikmalaya,” ujar Ankiti Bose, Founder Zilingo, pada acara peluncuran Sheworkz, di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Sumber:

https://ironmanfactory.com/battery-widget-reborn-apk/