Tekan Potensi Bahayakan Negara, ITB Kembangkan Sistem Radar Cuaca

Tekan Potensi Bahayakan Negara, ITB Kembangkan Sistem Radar Cuaca

Tekan Potensi Bahayakan Negara, ITB Kembangkan Sistem Radar Cuaca

BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama PT Inti

, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan PT CMI menciptakan radar cuaca. Sistem radar cuaca buatan sendiri ini diharapkan bisa menggantikan ketergantungan Indonesia terhadap produk impor.

Pakar propagasi gelombang dari ITB, M Ridwan Effendi mengatakan, riset awal terfokus pada pembuatan desain serta pengembangan subsistem dan modul. Modul tersebut dirancang untuk sistem radar cuaca yang memenuhi kebutuhan pengguna di Indonesia.

Capaian fase pada tahun pertama adalah spesifikasi sistem radar

cuaca berdasarkan analisis kebutuhan, dokumen desain dasar, simulasi sistem, prototype skala kecil, dokumen desain detil, dan lainnya.

Baca Juga:

China Sebut Obat Flu Jepang Efektif Obati Penderita Virus Corona
Jangan Khawatir Berlebihan, Ini Cara Hancurkan Virus Corona COVID-19

Pada tahun berikutnya, tim fokus pada riset integrasi dan percobaan sistem radar cuaca dan implementasi program radar cuaca di Laboratorium Pengajaran Industri ITB. Keluaran dari fase ini ialah prototipe radar cuaca TRL-8 serta instalasi radar cuaca.

“Sistem radar cuaca yang dikembangkan di dalam negeri ini

, dapat menghemat uang negara hampir setengahnya, dibandingkan harus membeli peralatan yang serupa dari luar negeri,” kata dia dalam siaran persnya, Rabu (19/9/2018).

Selain mengurangi cadangan devisa negara, kata Ridwan, membuat radar sendiri juga mengurangi potensi bahaya yang lebih besar. Di antaranya, terkait keamanan negara dan informasi cuaca suatu wilayah.

 

sumber :

https://teknosentrik.com/