Inovasi TI Perkuat Daya Tawar Petani

Inovasi TI Perkuat Daya Tawar Petani

Inovasi TI Perkuat Daya Tawar Petani

JAKARTA – Inovasi teknologi informasi (TI) telah mendorong inovasi di berbagai bidang kehidupan. Bidang pertanian pun tidak luput sentuhan TI hingga memudahkan petani dalam memenuhi beragam kebutuhan tanpa perantara dan proses panjang.

Nilai strategis pengembangan TI untuk pengembangan bidang pertanian

disadari putra-putra bangsa. Terlebih, Indonesia yang merupakan negara agraris. Beberapa inovasi yang sudah muncul di antaranya PakTaniDigital, arketplace khusus pertanian terlengkap pertama di Indonesia, dan Bponik, alat untuk pengontrolan dan monitoring hidroponik berbasis smartphone.

Mahendra Tlapa Sitepu, pendiri PakTaniDigital, menuturkan, platform yang diciptakannya melayani petani mulai dari penjualan mesin, alat, benih, pupuk, pendanaan, hingga hasil pertanian. Dia meyakini terobosan ini mampu meningkatkan daya tawan petani sehingga kesejahteraan mereka terdongkrak.

Baca Juga:

5 Wireless Router TP-Link Berteknologi Wi-Fi 6 Manjakan Gamers
Pemerintah Gelar Video Teleconference Sosialisasikan RUU Omnibus Law

“PakPetaniDigital menciptakan kompetisi tawar-menawar karena saat petani

mengiklankan komoditasnya, para agen melihat sehingga antarsesama agen akan saling bersaing untuk mendapatkan harga yang ditentukan petani. Aktivitas ini pasti sudah menjadi keuntungan petani,” jelas Mahendra di sela-sela kegiatan Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2018 yang digelar oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Jakarta.

Dia menuturkan, platform tersebut mampu memotong mata rantai bisnis pertanian.

Akses petani terhadap supplier semakin terbuka sehingga mereka membeli alat pertanian sudah langsung berhubungan dengan supplier utama.

 

Baca Juga :