The Ethical Foundation of Islamic Civilization

The Ethical Foundation of Islamic Civilization

The Ethical Foundation of Islamic Civilization

Syeikh Zaid menyebut the magnificent fives dalam Islam sebagai landasan peradaban, yaitu Five Pillar, Five Values, Five Universals, Five Greats Legal Maxim. Five Pillar yang dimaksud adalah Rukun Islam  dimana ada lima yaitu Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa serta Haji. Five Values adalah status hukum dalam syari’at yaitu Wajib, Sunnah, Mubah, Makruh dan Haram. Five Universals adalah pemeliharaan Agama, Kehidupan, Intelektual, Keturunan dan Harta. Sedangkan Five Greats Legal Maxim antara lain motto keyakinan tidak bisa dihilangkan dengan keraguan dan suatu perkara tergantung dengan maksudnya (Al umuuru bimaqaasidiha).

Five Pillars dan Five Values dianggap semua sudah mengetahuinya dan tidak perlu dijelaskan dengan terperinci. Semua sudah mengerti apa itu rukun Islam dan juga sudah paham betul hukum wajib, sunnah, haram dan
lainnya.

Kemudian pembahasan selanjutnya lebih ditekankan kepada Five Universals. Beberapa tokoh ushul fiqh telah memformulasikan konsep ini, dan yang paling terkenal adalah Imam Asy- Syatibi. Untuk lebih mengenal siapa beliau ada baiknya kita mengulas dengan singkat siapa sebenarnya Imam Asy-Syatibi.

Sumber : https://aziritt.net/