Pengertian Offside Penyebab Terjadinya Offside Dalam Pertandingan sepak Bola

Didalam pertandingan sepakbola tentu kami mengenal dengan keputusan yang namanya offside. Offside adalah Sebuah kondisi yang terjadi kecuali seorang pemain diberikan bola saat berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Atau dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, offside yakni kecuali ada pemain berdiri sendiri di area lawan selagi menerima bola umpan dari kawannya. Biasanya hanya berhadapan dengan penjaga gawang saja selagi menerima umpan tadi, tetapi pemain lawan berada membelakanginya.

Menurut keputusan Fifa yang baru, seorang pemain dikatakan offside kecuali dia berada lebih dekat ke garis gawang dari bola dan pemain lawan ke dua terdekat. “A player is in an offside position if he is nearer to his opponents’ goal line than both the ball plus the second-last opponent.”

Asal Mula Peraturan Offside
Pertama kali offside ini merupakan hasil adopsi dari pertandingan rugby sejak tahun 1800an. Dan untuk pertama kalinya diterapkan terhadap pertandingan sepakbola sejak tahun 1985. Saat itu, seffield FC mengusulkan keputusan yang melarang seorang penyerang berdiri di dekat gawang lawan. Jika penyerang tersebut menerima umpan dari temannya, maka dia berada di dalam posisi offside.

Dalam sejarahnya, tercatat ada tiga perubahan keputusan offside gara-gara tidak cukup jelasnya keputusan itu sendiri. Tiga perubahan itu adalah sebagai berikut:

1. Aturan Tiga Pemain Di Belakang
Dalam keputusan ini seorang penyerang telah dinyatakan offside walau di depannya masih ada tiga pemain belakang lawan, terhitung kiper. Akibatnya terhadap selagi keputusan ini diterapkan terlalu sering terjadi offside.

2. Aturan Dua Pemain Di Belakang
Aturan ini pertama kali di usulkan oleh Asosiasi Sepakbola Skotlandia terhadap tahun 1904 saat FIFA terasa didirkan. penyerang dikatakan offside kecuali hanya ada dua pemain belakang lawan yang berdiri di antara dia dan gawang musuh. Dua pemain belakang itu adalah seorang kiper plus satu orang bek.

3. Aturan Satu Pemain Di Belakang
Penyerang dikatakan di dalam posisi offside, kecuali terhadap selagi menerima umpan hanya tinggal satu pemain belakang lawan di depannya. Satu pemain itu adalah penjaga gawang (Keeper) atau dengan kata lain seorang penyerang menerima umpan saat telah melewati barisan bek lawan.

Itulah pengertian offside penyebab terjadinya offside di dalam pertandingan sepak bola yang dapat saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat.
silahkan membuka halaman seterusnya untuk materi yang lain.

Baca Juga :