Cara Aman Ibu Hamil Mengemudi Tempuh Jarak Jauh

Cara Aman Ibu Hamil Mengemudi Tempuh Jarak Jauh

Cara Aman Ibu Hamil Mengemudi Tempuh Jarak Jauh

Mengemudi menempuh perjalanan jarak jauh mengisi libur Natal dan Tahun Baru 2020

menggunakan mobil pribadi tidak bisa dianggap enteng bagi ibu hamil. Ibu hamil harus punya perhitungan agar tetap nyaman dan aman selama perjalanan.

Perjalanan jarak jauh dengan mengemudi mobil sendiri memiliki risiko lebih besar untuk pengemudi ibu hamil karena mengemudi adalah aktivitas melelahkan.

Praktisi keselamatan dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan bahwa ada yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil yang tetap mengendarai mobil.

“Tapi bijaksananya itu orang hamil khususnya pada masa rentan

[hamil usia muda dan hamil usia tua] tadi untuk disarankan tidak mengendarai mobil [untuk perjalanan jauh]. Paling bijak begitu,” kata Jusri kepada CNNIndonesia.com, Senin (23/12).

Lihat juga: Rekomendasi ‘Nyetir’ Paling Lama 8 Jam, Istirahat Tiap 4 Jam
Menurut Jusri, pengemudi ibu hamil harus perhatikan jam istirahat. Bagi pengemudi normal, aktivitas mengemudi paling bisa tiga sampai empat jam tanpa berhenti. Tapi jika pengemudi ibu hamil usahakan beristirahat setiap satu hingga 1,5 jam sekali.

“Ya ingat perjalanan jauh itu menguras stamina, maka harus sering istirahat

apalagi buat ibu hamil. Jadi bisa peregangan,” ucap dia.

Selama menempuh perjalanan, usahakan berpergian dengan menyiapkan air mineral dan camilan. Hal tersebut untuk mencegah ibu hamil merasa lapar dan mengurangi stress saat terjebak macet.

 

Baca Juga :