Jean Batten Pilot Wanita Melegenda

Jean Batten wanita penerbang luar biasa, pilot berkebangsaan Selandia Baru, lahir pada tanggal 15 September 1909 di Rotorua, North Island, New Zealand. Sebuah fakta mengejutkan perihal Jean Batten adalah pencapaian rekor terbangnya. Pilot perempuan ini berhasil menaklukkan Atlantik Selatan bersama dengan penerbangan solonya. Jean Batten dinobatkan sebagai penerbang perempuan pertama yang berhasil melintasi Atlantik Selatan pada tahun 1935.

Pada tahun 1936, Jean Batten ulang memecahkan rekor dunia. Dengan melaksanakan penerbangan berasal dari Inggris ke Selandia Baru hanya ditemani seekor kucing kesayangannya, Buddy. Jean Batten mengungkapkan jikalau moment selanjutnya adalah anggota paling utama didalam hidupnya.
Indonesia pernah disinggahi napak tilas pesawat Dakota DC3 yang pernah digunakan Jean Batten itu ke Indonesia. Dakota DC3 pada 7 November 2012 mempunyai 11 penumpang dan mendarat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

Anak ketiga berasal dari Frederick Batten dan Ellen Batten ini punyai banyak prestasi internasional yang mengagumkan. Ia mengambil keputusan jadi pilot pada usia 18 tahun setelah pilot Australia Charles Kingsford Smith mengajaknya terbang bersama dengan pesawat Southern Cross.

Bersama ibunya, Batten ganti ke Inggris pada tahun 1929 dan mengikuti London Aeroplane Club. Ia terbang solo perdana pada tahun 1930 dan mendapat lisensi pribadi dan komersial dua tahun setelahnya.

Warga Selandia Baru ini adalah perempuan pertama yang mendapat penghargaan tertinggi Fédération Aéronautique Internationale. Akan tetapi, setelah tahun-tahun penuh jatuh bangun, Batten pensiun terbang pada jaman Perang Dunia II dan jarang muncul di publik.

Selama tetap aktif, Batten dijuluki “Greta Garbo di angkasa” karena selamanya tampil glamour didalam beraneka kesempatan. Ia sering Mengenakan gaun sutra putih didalam perayaan dan tak pernah meninggalkan pesawat tanpa membenahi lipstiknya.

Batten mengembuskan napas terakhir di usia 73 tahun, tepatnya pada 22 November 1982. Ia tutup usia di Palma de Mallorca, Spanyol, setelah mengalami infeksi karena gigitan anjing dan menampik mendapatkan pengobatan.

Artikel Lainnya : https://tokoh.co.id/biodata-blackpink-all-member-dan-fakta-terlengkap/

baca juga :