Impelentasi Jaringan Komputer

Impelentasi Jaringan Komputer

Impelentasi Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/softwareyang terhubung dengan jaringan.

A. BISNIS

Kegunaan komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Keadaan pasar yang bersaing dan berkembang serta kompleknya suatu perusahaan, membuat informasi yang dapat diandalkan dan tepat pada waktunya, sangat penting untuk semua tingkat manajemen. Berikut adalah jenis-jenis aplikasi jaringan komputer dalam dunia perbisnisan :

• Bisnis Penerbangan

Hampir semua jenis penerbangan telah memanfaatkan jaringan komputer sebagai media sistem informasi pemesanan tiket, pendataan penumpang, pendataan barang, dan sebagainya yang dapat dicek dari semua cabang usaha tersebut, walaupun jaraknya yang berjauhan.

• Bisnis Energi

Perusahaan-perusahaan besar, baik swasta maupun BUMN seperti perusahaan pertambangan, PLN, Batubara, dan sebagainya dipastikan memanfaatkan jaringan komputer sebagai media pelaporan data ataupun informasi pendapatan dari setiap cabang/kantor.

B. MOBILE NETWORKS

Jaringan Nirkabel mengacu pada setiap jenis jaringan komputer yang tidak terhubung dengan kabel apapun. Ini adalah metode yang jaringan telekomunikasi dan enterpise (bisnis), instalasi menghindari proses mahal memperkenalkan kabel ke ke sebuah gedung, atau sebagai hubungan antara lokasi berbagai peralatan.Wireless jaringan telekomunikasi pada umumnya dilaksanakan dan dikelola dengan menggunakan transmisi sistem yang disebut gelombang radio . Implementasi ini berlangsung di tingkat fisik, (layer), struktur jaringanWireless network umumnya digunakan untuk memperpanjang jaringan secara wireless. Keuntungan utama dari wireless adalah nyata – tanpa kabel dalam melakukan koneksi komputer kepada jaringan. Dirumah, anda bisa menggunakan wireless network ini untuk berbagi sambungan Internet dengan beberapa komputer didalam rumah. Selain itu seperti fungsi jaringan pada umumnya, wireless network memungkinkan anda bisa berbagi file, berbagi printer, dan bahkan bermain game multi-player. Lihat juga artikel jaringan komputer secara umum.

C. PERUMAHAN

Seiring dengan majunya teknologi informasi, Internet saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan untuk semua kalangan, Jaringan internet yang ada sekarang ini bisa kita akses melalui bermacam macam teknologi sepeti teknologi 3G,HSDPA,Broadband,Hotspot (Wi-Fi), dan lainnya, yang memudahkan kita untuk mengakses berbagai macam situs di internet secara mudah. Saya disini akan membahas mengenai teknologi koneksi internet yang ada di lingkungan perumahan.

Pada lingkungan perumhan yang saat ini sudah banyak berkembang dengan pesat, ada beberapa perumahan elite yang menggunakan jaringan internet guna menjalin silaturahmi kepada para penghuni perumahan lainnya. Cara yang dapat dilakukan melalui media kabel atau Wireless 2.4 Ghz dan Hotspot sebagai sarana komunikasi rakyat yang bebas dari undang-undang dan birokrasi pemerintah. Pemanfaatan RT/RW Net ini dapat dikembangkan sebagai forum komunikasi online antar warga yang efektif untuk saling bertukar informasi, mengemukakan pendapat, dan lain-lain yang bebas tanpa dibatasi waktu dan jarak melalui media e-Mail/Chatting/Web portal.

D. PERBANKAN

Dalam perbankan, jaringan komputer dapat digunakan sebagai alat bantu maupun alat untuk mengambil aset-aset perbankan yang mungkin kita sulit untuk mengetahuinya.Tetapi bagi para hacker, membobol akses jaringan perbankan sangatlah mudah.Sebagai contoh Lin Mun Poo. Ia menemukan cara untuk masuk ke jaringan komputer The Fed di Cleveland, AS. Ia mengantongi lebih dari 400.000 nomor kartu kredit curian saat agen Secret Service menangkapnya di John F. Kennedy Airport, bulan lalu. Saat itu, ia sedang dalam perjalanan menuju New York untuk menghadiri pertemuan dengan hacker lain.

Saat ini, otoritas yang berwenang di AS tengah mencari tahu bagaimana ia bisa masuk jaringan komputer The Fed dan juga sejumlah institusi finansial utama lain di Negeri Uwak Sam itu. Poo diduga menjual dan mengeruk untung dari informasi yang ia curi dari institusi finansial tersebut.Jaksa Loretta Lynch menjelaskan, kasus ini merupakan contoh bagaimana kriminal maya menggunakan kemampuan mereka sebagai hacker untuk menyerang sistem keamanan finansial maupun nasional. Bila kasus ini terbukti, Poo harus siap menghadapi kehidupan di balik jeruji besi hingga 10 tahun.

Poo adalah warga negara Malaysia; dan melalui pertanyaan yang dilontarkan oleh agen rahasia, Poo mengakui sejumlah tindakan kriminalnya. Investigator menjelaskan, Federal Reserve di Cleveland sempat di-hack pada bulan Juni lalu; dan Poo berencana untuk menghabiskan sejenak waktunya di New York untuk menjebol mesin ATM dengan kartu curian yang dikantonginya.Namun, juru bicara The Fed di Cleveland Fed menjelaskan, belum ada uang kontan maupun data yang dicuri ditengah upaya hacking oleh Poo.

Sumber : https://merpati.co.id/