IAIN Langsa Resmi Buka Kampus Pascasarjana

IAIN Langsa Resmi Buka Kampus Pascasarjana

IAIN Langsa Resmi Buka Kampus Pascasarjana

Mimpi masyarakat Langsa untuk memiliki Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

(PTKIN) yang membuka program studi Pascasarjana sudah terwujud.

Izin operasional prodi Pascasarjana IAIN Langsa sudah keluar. Izin ini bahkan sudah diserahkan oleh Sekjen Kemenag Nur Syam kepada Rektor IAIN Langsa Zulkarnaini.

“Selamat untuk pembukaan prodi pascasarjana yang sudah ditunggu masyarakat. Kalau sudah ada program Pascasarjana, kita sudah menyediakan layanan pendidikan yang lebih baik. Tidak hanya S1, tapi juga S2,” ujar Sekjen saat menyerahkan SK Izin Operasional kepada Rektor IAIN Langsa, Rabu (24/05).

“Saya berharap yang punya talenta bagus di bidang akademik untuk memasuki program

studi Pascasarjana ini. Kita harus membangun PTKIN ini lebih maju lagi,” lanjutnya.

Menurut Nur Syam, sekarang adalah era di mana banyak orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya ke lembaga pendidikan berkualitas. Karena itu, PTKIN harus dapat mengembangkan program pendidikan yang baik, tidak hanya kualitas akademisnya tapi juga pelayanannya.

“Program pembelajarannya, termasuk prodinya juga harus memiliki keunggulan,” terangnya.

Dikatakan Nur Syam, PTKIN mempunyai lima dimensi layanan yang harus dioptimalkan, yaitu:

1. Layanan kurikuler yang relevan dengan kepentingan masyarakat; 2. Layanan kokurikuler

yang dapat mengembangkan bakat, minat, dan softskill mahasiswa; 3. Layanan penelitian yang tidak hanya untuk kepentingan akademis tapi juga untuk kebijakan.

“Kita bantu walikota dengan konsep yang kita miliki dari hasil riset,” ujarnya.

4. Layanan pengabdian masyarakat yang transformatif dan kontributif dalam mengatasi problem sosial; dan 5. Layanan administrasi pendidikan untuk memperluas akses masyarakat.

Apresiasi atas dibukanya prodi pascasarjana disampaikan Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid. Menurutnya, program pascasarjana sudah lama ditunggu. “Banyak pegawai Pemkot yang bertanya juga ke saya terkait program Pascasarjana ini, kapan akan mulai dibuka?” ucapnya.a

 

Baca Juga :