Sinergi Komunitas Penting guna Wujudkan Pendidikan Berkualitas

Fokus dalam menyimak dunia edukasi tidak dapat hanya dilaksanakan dengan sebanyak teori yang didasarkan pada materi-materi di dalam mata pelajaran. Perlu adanya praktik dan kreatifitas untuk membuat sumber daya insan (SDM) yang baik secara teori maupun praktik.

Atas gejala inilah, dalam Rembuk Komunitas Pendidikan Jakarta pada Mei kemudian yang dihadiri oleh 17 Komunitas, sekarang KKPJ (Kolaboraksi Komunitas Pendidikan Jakarta) mengerjakan kerja nyata dengan menciptakan 2 agenda bareng yaitu Festival Pelajar Kreatif.

“Kegiatan ini diselenggarakan di SMP 102 Jakarta Timur (26-27/6) dipenuhi dengan pengenalan dan lomba tentang literasi dengan pengisi FLP (Forum Lingkar Pena) bareng penulis Irfan Ramdhani,” kata Koordinator Kegitan, Triwahyu.

Kata dia, di samping konten literasi, acara itu juga dipenuhi dengan sharing tentang kesehatan reproduksi yang diampu oleh komunitas peduli kesehatan reproduksi eksklusif remaja, Youthizen.

“Agenda kedua KKPJ ialah Festival Liburan Ceria yang diselenggarakan di RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) di Cipinang Besar Utara (30/6). Acara tersebut dipenuhi dengan lomba mengecat dan mengambar guna usia 6-9 tahun,” ucapnya.

“Talkshow parenting yang dipenuhi oleh Komunitas Imajinasi dan Literasi Anak, Sharing mengenai kerelawanan dalam komunitas bareng Komunitas Ayo Mengajar, FLP Jakarta, Komunitas Yayasan Rumah Kita, Forum Anak Jatinegara,” sambungnya.

Dijelaskan Triwahyu, acara ini bertujuan untuk membuat hari cuti yang produktif dan pun kreatif untuk anak dan pun orang tua di Jakarta terutama di masyarakat Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur.

Menurutnya, sinergi antarkomunitas menjadi urgen untuk menjadi jawaban atas permasalahan edukasi yang terjadi di Jakarta. “Selain tersebut komunitas ini bukan sebagai pesaing atau lawan dalam bidang tersebut, tetapi sebagai teman yang dapat menolong pengembangan edukasi di Jakarta,” pungkasnya.

Dalam pekerjaan tersebut mengeluarkan pernyataan kolaborAKSI di RPTRA Cibesut, Jakarta.

Adapun isi dari pernyataan tersebut yakni, Pertama, siap untuk bekerjasama dan bertindak dengan segenap potensi yang kami miliki. Kedua, berkontribusi menambah pendidikan yang berkualitas, berkarakter dan berakhlak mulia.

Ketiga, berkontribusi menumbuhkembangkan kreatifitas dan generasi muda melewati pembinaan berkelanjutan sehingga dapat berdaya. Keempat, siap berlomba dengan pemerintah dan segenap unsur pendidikan. Kelima, berpartisipasi memajukan edukasi formal dan nonformal untuk seluruh penduduk Jakarta.

http://jump.pagecs.net/https://www.pelajaran.co.id