Manfaat Cahaya Matahari Untuk Anak

Seperti dipaparkan oleh Claire McCarthy, MD, di website Harvard Health, bermain di luar dan terpapar cahaya matahari paling baik guna kesehatan anak. Di samping kaya vitamin D, cahaya matahari pun menawarkan tidak sedikit manfaat guna tubuh. Apa saja? Berikut ialah lima khasiat cahaya matahari guna anak yang patut diketahui oleh orang tua.

1. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Khasiat cahaya matahari guna anak paling banyak, tergolong menurunkan risiko diabetes. Dalam suatu wawancara dengan Reuters Health, Dr. Paul Knekt dari The National Public Health Institute, Helsinki, menuliskan bahwa orang dengan kadar vitamin D yang tinggi dalam darahnya mempunyai risiko 40% lebih rendah terpapar diabetes tipe 2.

Temuan itu didapat sesudah peneliti mengerjakan studi sekitar 17 tahun pada selama 4.000 lelaki dan wanita. Di samping itu, studi ini pun telah diterbitkan Dr. Paul Knekt dan rekannya di jurnal Diabetes Care.

2. Meningkatkan kualitas tidur
Membuat si kecil istirahat lebih nyenyak ialah salah satu khasiat cahaya matahari guna anak. Berdasarkan temuan semua peneliti di Liverpool John Moores University, cahaya matahari dapat menolong untuk menyusun ritme sirkadian—yang menata jam biologis tubuh manusia. Ritme ini umumnya diprovokasi oleh hormon, serta cahaya cerah atau gelap.

Dr Yvonne Harrison, yang memimpin riset ini, mengemukakan bahwa cahaya matahari bisa menyeimbangkan ritme sirkadian yang menata sejumlah faedah tubuh, terutama mencungkil hormon melatonin, yang menolong dalam mempromosikan pola istirahat sehat.

3. Pertumbuhan tulang yang sehat
Untuk meyakinkan bahwa bayi dan anak-anak bisa menghasilkan vitamin D yang lumayan dalam tubuh, mereka butuh terkena sinar matahari sekitar 30 sampai 60 menit sehari. Hal itu diungkapkan oleh Prof. Dr. Alfred Langler, spesialis anak dari Uni Witten-Herdecke, Jerman.

Berdasarkan keterangan dari penjelasan Dr. Langler, kadar vitamin D yang ditemukan pada makanan melulu sedikit. Sebaliknya, tubuh manusia malah lebih dapat dalam menghasilkan tidak sedikit vitamin D. Caranya pasti dengan ditolong oleh radiasi UV, yang dapat diperoleh si kecil saat dia mendapatkan lumayan cahaya matahari.

Kendati demikian, Dr. Langler tetap menyarankan supaya anak-anak menghindari penyampaian cahaya matahari yang terlampau lama. Hal ini karena, menurut keterangan dari dia, adanya kenyataan bahwa sistem kekebalan anak belum sepenuhnya berkembang, sampai-sampai tubuh mereka tidak bisa memperbaiki kehancuran sel yang diakibatkan oleh cahaya matahari.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Memperkuat sistem kekebalan tubuh pun termasuk dalam khasiat cahaya matahari guna anak. Seperti dikutip Forbes, suatu studi mengejar bahwa vitamin D pun sangat urgen dalam menambah sistem kekebalan tubuh.

Dalam urusan ini, mendapat penyampaian sinar matahari secara langsung masing-masing hari ialah cara sangat efektif untuk menambah kadar vitamin D aktif dalam tubuh. Di samping itu, kelemahan vitamin D pun dikaitkan dengan penambahan risiko infeksi dan bahkan kanker.

5. Meningkatkan keadaan hati
Dr. Michael Roizen, kepala pusat kesehatan di Cleveland Clinic, Ohio, mengatakan untuk Forbes bahwa penyampaian sinar matahari dapat menolong untuk menambah mood. Berdasarkan keterangan dari Dr. Roizen, sinar matahari bekerja melewati sejumlah reseptor di benak untuk memengaruhi kedudukan mental dan kewaspadaan seseorang.

Paparan sinar matahari pun dapat mempertajam konsentrasi anak dengan menambah kadar serotonin dalam tubuh mereka. Juga dikenal sebagai hormon bahagia, serotonin dapat menciptakan seseorang merasa tenang dan waspada.

Demikian sejumlah khasiat cahaya matahari guna anak. Semua guna di atas tentunya dapat menjadi dalil kuat mengapa si kecil perlu menguras waktu beraktivitas di luar rumah. Di samping itu, yang sangat utama ialah karena ini juga dapat mendorong anak guna belajar gaya hidup sehat.

Sumber : http://www.bshare.cn/share?url=https://www.pelajaran.co.id