Cara Melatih Anak Bicara Usia 2 Tahun

Orang tua tentu khawatir bilamana buah hati tercinta merasakan keterlambatan dalam berbicara. Pada umur 2 tahun, anak kecil mestinya telah pandai meniru perkataan orang tua dan dapat menerbitkan suara yang mudah dicerna oleh Ayah Bunda. Bagi kamu yang mempunyai buah hati yang sedang belajar berbicara, cobalah sejumlah cara mengajar anak umur 2 tahun inilah untuk memicu dan meningkatkan keterampilan si kecil dalam berkomunikasi.

Komunikasi Aktif dengan Mengenal Nama Benda

Ajak buah hati tersayang dengan mengenal nama-nama benda di sekitarnya. Ketika si kecil memegang suatu benda, lafalkan nama benda itu dan ajak si kecil guna menirukannya. kamu juga dapat menyuruh buah hati jalan-jalan di sekeliling lokasi tinggal dan mengindikasikan satu persatu nama benda di sekitarnya. Harapannya, dengan komunikasi aktif ini si kecil energik menceritakan pengalamannya bermain dengan benda-benda di sekelilingnya.

Mendongeng guna Buah Hati

Selain mengajar daya kreativitas anak-anak, mendongeng ialah salah satu teknik melatih anak bicara umur 2 tahun. Anda dapat menggunakan boneka dan sekian banyak mainan edukatif beda dalam mendongeng. Gunakan kosa kata yang gampang dimengerti oleh si kecil. Penggunaan alat tolong seperti boneka dan gambar dapat unik minat dan perhatian si kecil terhadap jalannya dongeng, serta pasti saja dapat meningkatkan kosa kata buah hati anda. Gunakan intonasi yang bertolak belakang saat memerankan sekian banyak karakter, anak kamu pasti energik menirukan perkataan Ayah Bunda.

Menyanyi Bersama Si Kecil

Ayah Bunda juga dapat menggunakan lagu untuk meningkatkan kosa kata buah hati kesayangan. Ajaklah si kecil untuk mendendangkan lagu anak-anak saat kamu meninabobokan dia, mandi, jalan-jalan, atau bahkan ketika buah hati kamu bermanja-manja di gendongan. Lakukanlah secara rutin sampai-sampai buah hati kamu terbiasa memperhatikan lagu-lagu itu dan mulai menirukan apa yang kamu nyanyikan.

Membaca Cerita Bergambar

Ayah Bunda dapat membeli atau meminjam kitab cerita yang memiliki tidak sedikit gambar sebagai teknik melatih anak bicara umur 2 tahun. Bacakan kisah bergambar itu untuk buah hati kamu sembari menyuruh si kecil guna menirukan ucapan-ucapan yang kamu ucapkan. kita juga dapat menunjuk sekian banyak benda yang terdapat di dalam gambar dan mohon buah hati kamu untuk menyampaikan namanya. Di samping menggunakan kitab cerita, kamu juga dapat menggunakan kartu-kartu bergambar untuk meningkatkan kosa kata buah hati tercinta.

Berikan Tanggapan pada Ocehannya

Jangan ragu guna menanggapi ocehan si kecil. Anda dapat menanyakan maksud ucapannya seraya tertawa dan mengindikasikan wajah yang bahagia. Apabila si kecil menerbitkan ucapan yang tidak jelas dan melulu menunjuk barang yang diinginkan, tatap matanya dan ulangi ucapan tersebut dengan benar.

Sumber : https://www.transtats.bts.gov/exit.asp?url=https://www.pelajaran.co.id