Alokasikan Anggaran Perpustakaan Desa

Alokasikan Anggaran Perpustakaan Desa

Alokasikan Anggaran Perpustakaan Desa

NGAMPRAH- Untuk menumbuhkan minat baca di seluruh desa di Kabupaten Bandung Barat,

Bupati Bandung Barat Abubakar meminta setiap desa untuk mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk keperluan sarana dan prasarana Perpustakaan Desa (Perpusdes).

Dengan cara itu, kata Abubakar, diharapkan setiap desa di KBB dapat berkontribusi dalam meningkatkan minat baca masyarakat di pedesaan. “Harusnya memang setiap desa bisa mengalokasikan anggaran untuk sarana perpustakaan desa. Sehingga masyarakat bisa datang untuk rajin membaca,” kata Abubakar kepada wartawan di Ngamprah, kemarin.

Menurut Abubakar, setiap desa harus mampu merencanakan pembangunan sesuai

kebutuhan masyarakat desa, dan disusun dalam APBDes. Termasuk salah satunya, bisa berkontribusi dalam menyediakan keperluan fasilitas untuk menunjang keperluan di bidang pendidikan. “Saya juga berharap, nantinya bisa berkontribusi untuk Bandung Barat cermat,” katanya.

Abubakar menambahkan, ke depan setiap desa juga harus bisa mendorong minat baca di masyarakat. Terlebih, di masa kepemimpinannya pemerintahan saat ini, dapat membuahkan kinerja yang lebih baik. “Selama lima tahun, tentu harus ada hasilnya. Termasuk kita beri tanggung jawab khususnya kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) agar bisa meningkatkan minat baca masyarakat,” ujarnya.

Saat ini, dari total 165 desa di Kabupaten Bandung Barat, baru 80 desa yang mengalokasikan

untuk menyediakan sarana membaca. “Tapi untuk pembangunan perpustakaan baru 10 desa saja. Ke depan desa-desa lainnya bisa membangun. Karena memang anggaran cukup besar untuk membangun perpustakaan,” paparnya.
Tak hanya peran dari desa, kata dia, saat ini pemerintah daerah juga tengah menjalin kerjasama dengan pihak swasta untuk menyediakan sarana prasarana membaca.
Para pelaku usaha yang punya kepedulian diajak berkomitmen dengan Pemkab. “Ada 20 mitra kerja seperti coca cola, PT Dwi Agung Putra, Telksomel bahkan dengan lembaga pendidikan tinggi Unpad. Kita sudah buat MoU-nya untuk mendorong minat baca bisa lebih meningkat,” pungkasnya

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/