Berbagai Prospek Peluang Kerja yang Seru di Bidang Perhotelan

Jurusan perhotelan seringkali dikaitkan dengan pekerjaan yang seru, seperti kesempatan untuk menikmati kemewahan di hotel. Di sisi lain, bidang ini juga kerap dianggap remeh dan kurang prospektif dibandingkan bidang yang lebih umum, seperti akuntansi misalnya. Sebelum buru-buru tergiur atau meremehkan pekerjaan di bidang perhotelan, ada baiknya kamu memahami dulu nih serba-serbi industri ini dan apa saja prospek kerja yang bisa kamu lakukan. Sedikit bocoran, ternyata lingkup pekerjaannya tidak kalah menantang dari bidang lainnya.

Ada beberapa institusi pendidikan yang menawarkan jurusan di kedua bidang ini. Beberapa yang paling umum yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Tinggi (jenjang Diploma atau Sarjana), dan Universitas (jenjang Sarjana). Ketiga institusi ini memiliki perbedaan di lama waktu pendidikan, gelar, pilihan peminatan, hingga kurikulum. Umumnya, mahasiswa akan mempelajari keseluruhan aspek bisnis di perhotelan, mulai dari pelayanan (hospitality), housekeeping, makanan dan minuman (food & beverage), hingga front office.

Peluang Kerja di Bidang Perhotelan

Hotel Manager
Satu lokasi yang menjadi fokus utama pembelajaran di bidang perhotelan tidak lain adalah hotel. Sebagai manager hotel, lulusan perhotelan akan bertanggung jawab untuk mengatur seluruh aspek operasional, pemasaran, dan sales hotel. Pekerjaan ini juga membutuhkan ilmu dasar seputar bisnis, manajemen, dan keuangan agar bisa mengelola hotel dengan baik.

Restaurant Manager
Rasanya tidak ada hotel yang tidak memiliki restoran, karenanya pasti hotel membutuhkan seorang manajer restoran. Seorang manajer restoran biasanya bekerja untuk mengawasi jalannya operasional sehari-hari, memiliki wewenang untuk memecat dan merekrut karyawan, menentukan dan mengembangkan menu, menghadapi tamu secara langsung, hingga mengawasi kebutuhan di dapur. Selain itu, tak jarang manajer restoran juga harus bisa mengorganisir event yang akan diselenggarakan di restoran tempatnya bekerja.

Event/Banquet/Wedding Sales Manager
Hotel seringkali dijadikan lokasi untuk menyelenggarakan berbagai acara, mulai dari meeting hingga resepsi pernikahan. Inilah peluang kerja untukmu yang gemar menggeluti event management. Di hotel, kamu bisa bekerja sebagai event coordinator/manager, wedding coordinator/planner/sales manager, atau banquet sales manager.

Tugas utama dari pekerjaan ini adalah untuk merencanakan dan memastikan acara yang dilakukan berjalan dengan lancar. Dibutuhkan koordinasi sempurna untuk mengawasi berbagai pihak yang terlibat, seperti food & beverage, kitchen, waiter & waitress, pengisi acara, mengatur tamu, dan berbagai vendor lainnya. Sedangkan wedding coordinator/planner biasanya membutuhkan kemampuan komunikasi & persuasi yang baik untuk bisa menjadi jembatan antara calon pengantin dan pihak hotel, serta untuk memasarkan hotel tempatnya bekerja kepada klien.

Food & Beverage Manager
Bercita-cita untuk meniti karier di bidang masak memasak? Mungkin bidang perhotelan cocok untukmu. Hotel membutuhkan food & beverages manager untuk mengatur operasional dapur dan menetapkan standar kualitas makanan yang disajikan ke para tamu. Salah satu keseruan yang bisa dirasakan yaitu kesempatan untuk mengembangkan pilihan menu. Selain di hotel, food & beverages manager juga biasanya dibutuhkan di kapal pesiar atau restoran.

Room Sales Manager
Salah satu fasilitas utama yang dimiliki hotel yaitu kamar, dan di sinilah area pekerjaan seorang room sales manager. Meskipun terdengar familiar dengan jabatan “sales”, namun nyatanya lingkup pekerjaannya jauh berbeda dari sales kebanyakan. Posisi ini mengharuskanmu untuk menarik tamu hotel dengan cara memaksimalkan fasilitas kamar, melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, hingga menganalisa kebutuhan dan sifat tamu agar bisa menawarkan layanan terbaik bagi tamu.

Baca Artikel Lainnya: