Table of Contents

Tujuan Berkarya Seni Lukis

Seni Lukis merupakan cabang dari seni rupa yang langkah pengungkapannya diwujudkan lewat karya 2 dimensional di mana unsur-unsur pokok di dalam karya 2 dimensional adalah garis, warna & bentuk.

Seiringan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, seniman tambah bebas di dalam mengungkapkan ekspresinya. Tetapi, kegiatan yang melibatkan ekspresi, emosi, dan juga rancangan sanggup dikelompokkan di dalam tujuan berkarya seni lukis itu, pada lain;

a. Tujuan Religius
Tujuan berkarya seni untuk tujuan religius udah berjalan sejak zaman nenek moyang. Lukisan sanggup mendekatkan diri bersama dengan Sang Pencipta sebagai pelindung, & penjaga pengampunan dosa.

b. Tujuan Kritik Sosial
Kesenjangan sosial, moment politik, ketidakberdayaan, & tingkah laku kehidupan lain yang berjalan di dalam penduduk sanggup jadi ide di dalam berkarya seni lukis. Objek lukisannya sanggup bersama dengan simbol-simbol/perumpamaan yang sanggup dihubungkan bersama dengan peristiwa. Kritik yang disampaikan berbentuk bentuk-bentuk kritik yang bersinggungan bersama dengan pemerintah, lembaga sosial, ataupun kepada pemegang kekuasaan setempat. https://materisekolah.co.id/contoh-teks-eksplanasi-pengertian-ciri-struktur-kaidah-kebahasaan-dan-contoh-lengkap/

c. Tujuan Ekspresi
Lukisan jadi sarana ekspresi & terhitung sarana mencurahkan emosi atau perasaan. Coretan garis & warna merupakan perwujudan dari dorongan emosi & gejolak jiwa pelukisnya, agar penikmat karya seni tidak cuma utamakan keindahan semata. Lukisan ekspresi, menampilkan ekspresi yang sempurna, penggambaran mengenai emosi, gejolak hawa nafsu, dan juga bisikan seperti topeng-topeng yang melingkari kehidupan manusia.

d. Tujuan Komersial
Umumnya, lukisan yang dijual di tepi jalan bersama dengan warna yang drastis & biasanya didominasi oleh lukisan pemandangan, tujuan penciptaan lebih utamakan aspek komersial agar bentuk & tipe lukisnya condong mengikuti selera pasar.

Baca Juga :