Mendikbud: Indonesia Tak Pernah Siap Jika Tidak Dipaksakan

Mendikbud Indonesia Tak Pernah Siap Jika Tidak Dipaksakan

Mendikbud Indonesia Tak Pernah Siap Jika Tidak Dipaksakan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhajir Effendy menilai Indonesia

tidak akan pernah siap jika tidak dipaksakan. Hal itu juga terkait dengan kebijakan pemerintah melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi.

“Kita ini gak pernah siap, bahkan merdeka dulu juga gak siap kalau gak dipaksa kita gak segera melakukan proklamasi. Jadi setahu saya apapun dikata setelah kita nilai semuanya sudah dalam keadaan wajar ya kita lakukan,” ujarnya saat wawancara langsung dengan iNews TV di rumah dinasnya, jalan Widya Chandra III no 11, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6/2019).

Muhajir mengungkap, kebijakan zonasi itu sebetulnya sudah muncul sebagai rekomendasi sebelum dirinya menjadi menteri. Hal itu juga didukung dengan hasil kajian yang mendalam dari badan penelitian dan pengembangan Kemendikbud.

Baca Juga:

Peserta OSN 2019 Tingkat SMA Bersiap Berjuang di Manado

Kisruh PPDB, DPR Desak Manipulasi Domisili Diusut Tuntas

“Dan salah satu hal yang dianggap tepat untuk melakukan zonasi atau menyelesaikan persoalan di Indonesia tentu adalah dengan berbasis zonasi hanya memang perlu keberanian untuk ambil keputusan bahwa itu diterapkan atau tidak. Nah, kebetulan setelah saya diskusikan dengan beberapa staff ahli dan pejabat eselon 1 kita kemudian kita sepakat kita terapkan sistem zonasi ini,” jelasnya.

Dirinya pun menegaskan, bahwa sistem zonasi bukan hanya menyoal PPDB

, tapi juga menyelesaikan seluruh permasalahan di dunia pendidikan.

“Perlu saya tegaskan bahwa zonasi itu bukan hanya soal PPDB bukan soal penerimaan perserta didik baru tapi seluruh persoalan pendidikan itu akan kita dekati penyelesaiannya melalui sistem zonasi,” tuturnya

 

Sumber :

https://www.deviantart.com/gimadelija/journal/Your-High-School-Diploma-Online-804324339