Google Doodle Hari Ini: Eva Ekeblad, Siapa Dia?

Google Doodle Hari Ini Eva Ekeblad, Siapa Dia

Google Doodle Hari Ini Eva Ekeblad, Siapa Dia

Google Doodle hari ini menampilkan sosok Eva Ekeblad. Lahir 10 Juli 1724 di Lidköping, Swedia, Eva merupakan salah seorang ilmuwan yang memberikan sumbangsih besar pada dunia. Khususnya terkait kuliner.

Dilansir Wikipedia, Eva yang notabene seorang bangsawan Swedia dikenal sebagai penemu teknik membuat tepung dan alkohol dari kentang pada tahun 1746.

Eva juga merupakan wanita pertama yang menjadi anggota dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada tahun 1748.

Pada tahun 1740, Eva menikahi riksråd Count Claes Claesson Ekeblad pada usia 16 tahun. Ia menjadi ibu dari tujuh anak, dengan satu putra dan enam putri.Di antara mereka adalah Claes Julius Ekeblad (1742-1808) dan Hedda Piper, salah dua bangsawan kelas atas di Swedia.

Setelah menikah, ayahnya memberinya aset berupa perkebunan di Kastil Mariedal

dan Kastil Lindholmen di Västergötland.Pasangannya juga dihadiahkan perumahan di manor (tanah milik bangsawan) Stola beserta lingkungan perumahannya yang terletak di ibukota Stockholm.

Karena suaminya sering tidak terlibat dalam pekerjaannya sebagai pebisnis, Eva Ekeblad diberi tanggung jawab juntuk mengurus tiga perkebunan, termasuk tugas untuk mengawasi petugas pengadilan dan memimpin paroki-paroki dari perkebunan.

Pada tahun 1746, Ekeblad menulis untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia

karena ia menemukan cara membuat tepung dan alkohol dari bahan kentang.

Kentang telah diperkenalkan ke Swedia pada tahun 1658, tapi sampai saat itu hanya dibudidayakan di rumah kaca dari kalangan aristokrat. Karya Ekeblad mengubah kentang menjadi makanan pokok di Swedia.

Hal itu juga meningkatkan pasokan gandum, gandum hitam, dan jelai yang tersedia untuk membuat roti, karena kentang dapat digunakan sebagai pengganti alkohol. Ini mengubah kebiasaan makan orang Swedia dan mengurangi tingkat kelaparan pada masyarakat.

Ia juga menemukan metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun pada 1751,

dan mengganti bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang pada tahun 1752.

Dia juga dikatakan telah mengiklankan tanaman tersebut dengan menggunakan bunganya sebagai hiasan rambut.

Pada tahun 1748, Eva Ekeblad menjadi wanita pertama yang terpilih sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia. Tidak ada catatan dia pernah ikut dalam pertemuan selama menjadi anggota dalam akademi tersebut.

Tahun 1751, akademi menunjuknya sebagai anggota kehormatan dan bukan anggota penuh, karena hanya yang berjenis kelamin laki-laki yang boleh menjadi anggota penuh pada akademi tersebut.(

 

Baca Juga :