Mengenal Tentang Profil Sekjen PBB Antonio Guterres

Mengenal Tentang Profil Sekjen PBB Antonio Guterres

Mengenal Tentang Profil Sekjen PBB Antonio Guterres

António Guterres

adalah Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa yang kesembilan. Guterres mulai menjabat pada tanggal 1 Januari 2017 dan akan menjabat selama lima tahun ke depan (satu periode masa jabatan).

Setelah menyaksikan penderitaan orang-orang yang paling rentan di bumi, di kamp-kamp pengungsian dan di zona perang, Sekretaris Jenderal bertekad untuk menjadikan martabat manusia sebagai inti dari pekerjaannya, dan untuk melayani sebagai perantara perdamaian, pembangun jembatan dan promotor reformasi dan inovasi.

Sebelum diangkat sebagai Sekretaris Jenderal

Guterres menjabat sebagai Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi dari bulan Juni 2005 sampai Desember 2015, memimpin salah satu organisasi kemanusiaan terkemuka di dunia selama beberapa krisis perpindahan yang paling serius dalam beberapa dasawarsa. Konflik di Suriah dan Irak, dan krisis di Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah dan Yaman, menyebabkan peningkatan besar dalam kegiatan UNHCR karena jumlah orang yang mengungsi akibat konflik dan penganiayaan meningkat dari 38 juta di tahun 2005 menjadi lebih dari 60 juta orang 2015

Sebelum bergabung dengan UNHCR

Guterres menghabiskan lebih dari 20 tahun di pemerintahan dan pelayanan publik. Dia menjabat sebagai perdana menteri Portugal dari tahun 1995 sampai 2002, dimana selama ini dia sangat terlibat dalam upaya internasional untuk menyelesaikan krisis di Timor Lorosa’e.

Sebagai presiden Dewan Eropa pada awal tahun 2000, dia memimpin adopsi Agenda Lisbon untuk pertumbuhan dan pekerjaan, dan memimpin bersama KTT Uni Eropa-Afrika pertama. Dia adalah anggota Dewan Negara Portugal dari tahun 1991 sampai 2002.

Guterres terpilih menjadi anggota Parlemen Portugis pada tahun 1976 di mana dia menjabat sebagai anggota selama 17 tahun. Selama masa itu, dia memimpin Komite Parlemen untuk Ekonomi, Keuangan dan Perencanaan, dan kemudian Komite Parlemen untuk Administrasi Teritorial, Kota dan Lingkungan. Dia juga pemimpin kelompok parlementer partainya.

Dari tahun 1981 sampai 1983

Mr. Guterres adalah anggota Majelis Parlemen Dewan Eropa, di mana dia memimpin Komite Demografi, Migrasi dan Pengungsi.Guterres adalah anggota Club of Madrid, aliansi kepemimpinan mantan presiden dan perdana menteri yang demokratis dari seluruh dunia.

Selama bertahun-tahun Mr. Guterres aktif di Socialist International, sebuah organisasi partai politik demokratis sosial di seluruh dunia. Dia adalah wakil presiden kelompok ini dari tahun 1992 sampai 1999, menjadi ketua bersama Komite Afrika dan kemudian Komite Pembangunan. Ia menjabat sebagai Presiden dari tahun 1999 sampai pertengahan tahun 2005. Sebagai tambahan, dia mendirikan Dewan Pengungsi Portugis dan juga Asosiasi Konsumen Portugis DECO, dan menjabat sebagai presiden Centro de Acção Social Universitário, sebuah asosiasi yang melaksanakan proyek pembangunan sosial di lingkungan miskin di Lisbon, pada awal tahun 1970an.

Guterres lahir di Lisbon pada tahun 1949 dan lulus dari Instituto Superior Técnico dengan gelar di bidang teknik. Dia fasih berbahasa Portugis, Inggris, Prancis dan Spanyol. Dia menikah dengan Catarina de Almeida Vaz Pinto, Wakil Walikota untuk Budaya Lisbon, dan memiliki dua anak, anak tiri dan tiga cucu.

 

(Sumber: https://thesrirachacookbook.com/)