Konaspi siapkan generasi unggul 2045

Konaspi siapkan generasi unggul 2045

Konaspi siapkan generasi unggul 2045

Dalam pelaksanaan Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) VII

, ada target yang tengah dibidik yakni bagaimana menyiapkan generasi yang unggul pada 2045. Untuk itu, perlu disiapkan sosok ideal pendidikan yang berkompeten.

“Indonesia sendiri perlu menyiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan yang lebih berat dan kompleks untuk cita-cita luhur kemerdekaan Indonesia. Inilah yang melandasi pelaksanaan Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) VII,” ujar Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab, Kamis (11/10).

Rochmat mengatakan, tema yang diusung dalam Kanospi tahun ini ialah ‘Memantapkan Karakter Bangsa Menuju Generasi 2045’. Tahun 2045 diambil sebagai masa dimana generasi yang menandai usia seabad Republik Indonesia.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Kanospi VII yang akan dilaksanakan 31 Oktober-3 November 2012

mendatang mampu melahirkan obsesi-obsesi rakyat Indonesia di tahun 2045.

Ia memaprkan beberapa bahasan yang akan dikemukakan dalam Kanospi VII ini antara lain sosok ideal manusian indonesia generasi 2045, aspek pendidikan karakter untuk menyiapkan generasi 2045, sosok ideal pendidik yang berkompeten untuk menyiapkan generasi 2045, pembahasan sistem pendidikan yang mungkin menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkompeten serta manajemen pendidik dan tenaga kependidikan.

Dikatakan Rochmat, pelaksanaan Konaspi tersebut ialah inisiasi 12 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

di seluruh Indonesia. Selain para pembicara utama seperti Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso, akan dihadirkan pula 90 makalah penyerta dari masyarakat umum.

Rochmat menargetkan, Kanospi VII dapat diikuti oleh 750-1000 peserta yang akan mengikuti berbagai rangkaian acara di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta.

 

Baca Juga :