Wali Kota Bogor Bima Arya

 

Musrenbang, Titik Temu Kebutuhan Warga

Wali Kota Bogor Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya menekankan bahwa pada hakikatnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah titik temu antara kebutuhan warga dengan program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“Jadi, jika gagal mencapai titik temu berarti musrenbangnya meleset. Ini sangat tidak mudah, karena seni politik pemerintahan adalah mencari titik temu,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya saat membuka Musrenbang Kecamatan Bogor Timur Tahun 2018 di Aula Kantor Kecamatan Bogor Timur, Senin (29/01/2018).

Titik temu yang dimaksud kata Bima adalah mencari titik temu dalam banyak hal, diantaranya yang ideal dan yang realita, yang diimpikan dan yang memungkinkan. Selain itu mencari keseimbangan antara kepentingan orang atau organisasi dengan kepentingan yang lebih besar. Selanjutnya, mencari titik temu untuk program prioritas dengan yang non prioritas.

Ini juga tidak mudah

Warga beranggapan semua prioritas, partai politik demikian tetapi belum tentu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) atau dinas lainnya, maka dicarikan titik temunya,” terangnya.

Kecamatan Bogor Timur

Disamping mencari titik temu untuk program pembangunan jangka pendek dan jangka panjang, ia menegaskan jangan sampai semua anggaran pembangunan dialokasikan 100 persen jangka pendek sehingga tidak berdimensi jangka panjang.

“Apa itu dimensi jangka panjang, kegiatan yang dilakukan sekarang mungkin seolah membutuhkan dana besar tetapi dampaknya akan berlipat dimasa depan, untuk pertumbuhan ekonomi dan sebagainya,” kata Bima.

Musrenbang Kecamatan Bogor Timur

Sebelumnya, kegiatan Musrenbang Kecamatan Bogor Timur diawali penyambutan Wali Kota Bogor dengan upacara adat sunda, dimana ki lengsernya merupakan salah seorang yang pernah menjabat lurah di Kota Bogor dan dilanjutkan dengan tarian Bajidor Kahot dari sanggar seni Nalaktak.

Kecamatan Bogor Timur

Diakhir sebelum melakukan peninjauan kantor Kecamatan Bogor Timur yang baru saja selesai direnovasi, Wali Kota Bogor Bima Arya membubuhkan tanda tangan diprasasti dan menyerahkan peta administrasi Kecamatan Bogor Timur.

Artikel terkait: