Menghitung Gerak Vertikal di dalam Permainan Tenis

kali ini Rogu ditunjuk sebagai salah satu perwakilan sekolah untuk ikuti turnamen tenis antar pelajar se-Indonesia. Sebagai persiapannya, Rogu dan teman-teman rutin melakukan latihan sebanyak seminggu sekali di akhir pekan. Pada hari pertama latihan, pelatih mengajarkan teknik-teknik dasar di dalam bermain tenis, salah satunya adalah cara servis bola yang benar. Tahukah anda jikalau salah satu langkah berasal dari gerakan servis merupakan umpama berasal dari gerak vertikal? Hmm, daripada penasaran, segera saja kami simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini yuk

Oke, sebelumnya mari kami ketahui pernah apa itu gerak vertikal, ya. Gerak vertikal adalah gerak suatu benda yang dilempar tegak lurus ke bawah atau ke atas dengan kecepatan awal tertentu (V0 ≠ 0). Gerak vertikal miliki percepatan konstan (tetap) yang nilainya mirip dengan percepatan gravitasi bumi (g). Terdapat dua macam gerak vertikal yang dibedakan berdasarkan arah lemparan bendanya, yaitu sebagai berikut:

1. Gerak vertikal ke atas

Seperti namanya, gerak vertikal ke atas adalah gerak suatu benda yang dilempar tegak lurus ke atas dengan kecepatan awal tertentu (V0 ≠ 0). Kecepatan awal ini akan memengaruhi tinggi maksimum yang sanggup ditempuh oleh benda tersebut. Semakin besar kecepatan awalnya, maka tambah tinggi pula ketinggian maksimumnya.

Gerak vertikal ke atas merupakan gerak diperlambat sebab tambah ke atas, kecepatannya akan tambah berkurang. Kecepatan benda akan tetap berkurang hingga raih titik nol, yaitu pada titik tertinggi. Selain itu, jikalau arah geraknya ke atas, maka a = -g sebab berlawanan dengan gravitasi bumi.

Kalau anda memperhatikan cerita Rogu di atas, ternyata salah satu langkah berasal dari gerakan servis itu merupakan umpama berasal dari gerak vertikal ke atas lho. Hmm, langkah yang manakah itu?

Jadi, jawabannya adalah selagi melakukan toss (lempar bola), Squad. Kenapa? sebab pada langkah ini, bola dilempar secara vertikal ke atas dengan kecepatan awal tertentu.

2. Gerak vertikal ke bawah

Berbeda dengan gerak vertikal ke atas, jikalau gerak vertikal ke bawah adalah gerak suatu benda yang dilempar tegak lurus ke bawah dengan kecepatan awal tertentu (V0 ≠ 0). Jika arah geraknya ke bawah, maka a = g sebab searah dengan gravitasi bumi dan benda mengalami percepatan.

Lalu, layaknya apa umpama masalah berasal dari gerak vertikal ke bawah? Apakah disaat memukul bola selagi melakukan servis? Jawabannya udah pasti bukan, Squad. Hal ini sebab pada selagi servis, bola tidak dilemparkan secara vertikal ke bawah melainkan bola akan melambung dan lantas jatuh membentuk sudut pada kemiringan tertentu.

Baca Juga :