5 Cara Memulai Obrolan bersama dengan Bahasa Inggris

Halo, Rekan Kerja! Kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris terlampau dibutuhkan untuk tingkatkan citra perusahaan di mata klien sekaligus membangun interaksi kerja yang lebih luas. Dalam rangka meraih target tersebut, sering kadang Anda perlu obrolan ringan dikala bekerja sebelum membahas hal yang lebih serius. Ada tata caranya agar Anda tidak canggung dikala berhadapan bersama dengan klien dan kolega kerja menggunakan Bahasa Inggris. Supaya tidak gagap, mari simak ulasan berikut!

1. Memperkenalkan diri bersama dengan baik

Perkenalan diri sanggup jadi ajang yang menakutkan bagi seseorang yang tidak senang jadi pusat perhatian. Namun, jika tidak berkenalan, bagaimana orang kantor dapat memberi salam Anda? Mulailah secara perlahan dan hilangkan kekhawatiran yang berlebihan. Ingat, klien dan kolega dapat menilai Anda dari kesan pertama! Mereka senang bersama dengan teristimewa yang sopan.

Contoh :

Hello, I am Lucy. I just started as the project manager in the marketing department.” (Perubahan sanggup sesuai terkait nama dan jabatan Anda).

Setelah itu, ada kalanya lawan bicara termasuk memperkenalkan dirinya. Tunjukkan respon bersama dengan gestur tubuh yang sopan, seperti tersenyum. Kemudian, Anda sanggup membalasnya bersama dengan kalimat :

“Nice to meet you! How long have been you working here?”

2. Menceritakan diri Anda bersama dengan santun

Obrolan ringan ibarat ping pong, begitu kata Christina pada kanal Youtube miliknya “Speak English With Christina”. Anda bukan hanya konsisten bertanya, tetapi ada kalanya Anda termasuk menambahkan informasi ke lawan bicara dikala berinteraksi. Informasi tersebut sanggup berupa pengalaman teristimewa Anda seperti pekerjaan, hobi, atau jalan-jalan yang dikerjakan di masa lampau. Frasa yang biasa digunakan adalah “I used to…”

Contoh :

I used to work as a marketing assistant at…. (sebut nama daerah kerja yang dahulu).

I used to travel to America last year. The view was amazing!

3. Berbicara dan meminta tolong bersama dengan hormat

Obrolan ringan sanggup jadi senjata ampuh didalam memikat hati klien sebelum masuk ke obrolan bisnis. Anda mesti terlihat sebagai teristimewa yang menyenangkan dan sanggup dipercaya. Temukan kesamaan pada diri Anda bersama dengan lawan bicara agar obrolan tidak melulu serius. Namun , jika pekerjaan Anda telah mendekati tenggat waktu, maka mintalah tolong secara sopan yang di awali bersama dengan “could you?” atau sejenisnya seperti “would you…?”

Contoh :

“ Do you have any vacation planned for long weekend? Beach will be great.”

“ So, you are alumna of that university? We are one alumna!

“Could you connect me with the manager to confirm the meeting?”

“Would you help to solve the problem?

4. Perhatikan perbedaan kosakata informal dan formal

Tingkatan Bahasa Inggris terbagi jadi dua, yakni formal dan informal. Perbedaan keduanya tidak terlampau mencolok, hanya saja jika ingin tingkatkan kesan diri yang lebih kuat di mata orang lain maka gunakanlah Bahasa Inggris bersama dengan level profesional (english for business). Berikut sebagian kosakata yang sanggup tingkatkan profesionalisme di kantor :

“Got” diganti “received” : I received your email.
“Need” diganti “require” : I require some assistance.
“Get in touch” diganti “contact” : How do I contact her?
“Make sure” diganti “ensure” : Please ensure you arrive on time.
“Let them know” diganti “inform” : Please inform them of your arrival.
“Talk more” diganti “elaborate” : Could you please elaborate on the subject?
“Fix” diganti “solve” : How do you solve the problem?

5. Memperluas kosakata

Sekarang Anda telah jelas dasar-dasar mengawali obrolan ringan bersama dengan Bahasa Inggris. Akan tetapi, jangan berhenti belajar, ya! Teruslah perluas kosakata agar semakin mahir mengembangkan obrolan ringan jadi serius. Supaya mudah, belajar menggunakan aplikasi ruangkerja saja! Aplikasi ruangkerja sedia kan podcast persiapan kosakata IELTS & TOEFL bersama dengan sebagian menu pilihan, yakni kosakata sehari-hari, teknologi, musik, keuangan, bisnis, dan jurnalistik.

Nah, itu dia sebagian tips yang ruangkerja sajikan untuk Anda kali ini. Kemampuan Bahasa Inggris ternyata mutlak untuk karier Anda di masa globalisasi sekarang. Anda tetap sanggup menggali kapabilitas berbahasa asing tanpa mesti melewatkan bahasa persatuan.

Selengkapnya : https://www.biologi.co.id/