Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia di Dunia Merosot

Kualitas pendidikan perguruan tinggi di Indonesia mengalami penurunan di mata dunia. Hal ini keluar bersama dengan merosotnya rangking lebih dari satu perguruan tinggi Indonesia didalam pemeringkatan world yang dijalankan Quacquarelli Symonds (QS), baru-baru ini.

QS University Ranking ini merupakan acuan resmi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur mutu kelembagaan perguruan tinggi Indonesia ke tingkat dunia.

Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia di Dunia Merosot

Pemeringkatan QS World University Rangkings 2019 dijalankan pada nyaris 1.000 kampus paling baik di 84 negara di dunia. Hasilnya, peringkat kampus paling baik di Indonesia ditempati oleh Universitas Indonesia (UI), disusul Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Di dunia, UI duduki peringkat ke-292, merosot berasal dari tahun di awalnya yang berada di peringkat ke-277. Di kategori universitas-universitas di Asia, peringkat UI berada di urutan ke-54.

Sedangkan, kalau diurutkan berasal dari kampus paling baik se-Asia Tenggara, peringkat UI berada di posisi ke-9. Tertinggal berasal dari dua kampus paling baik di Singapura, lima kampus paling baik di Malaysia dan satu kampus paling baik di Thailand.

Dua kampus paling baik di Singapura itu yaitu National University of Singapore dan Nanyang Technological University bahkan duduki peringkat ke-11 dan 12 di dunia. Sedangkan, lima kampus paling baik di Malaysia berada di 250 besar bersama dengan peringkat tertinggi di 87 dunia oleh Universiti Malaya.

Secara keseluruhan, UI berhasil menghimpun skor 34,8 berasal dari 100. Angka itu didapat berdasarkan hasil berasal dari reputasi akademik, reputasi alumni, mahasiswa, predikat fakultas, rasio fakultas internasional, dan rasio mahasiswa internasional.

ITB duduki peringkat ke-359. Peringkat ini menurun 28 posisi berasal dari tahun di awalnya yang berada di daerah ke-331. Rangking ITB di Asia berada di daerah ke-65 dan di Asia Tenggara di daerah ke 11. Sementara, UGM berada di urutan ke 391. Meningkat berasal dari tahun di awalnya yang berada di kisaran 401-410. Peringkat UGM di Asia berada di nomer 85 dan di Asia Tenggara di posisi ke-14. https://www.ruangguru.co.id/

Perguruan tinggi lainnya, belum mampu unjuk gigi di 500 besar dunia. Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran bertengger di peringkat 700-an ke bawah.

Dari pemeringkatan tersebut, peringkat pertama kampus paling baik dunia diduduki Massachussets Institute of Technology (MIT) AS, diikuti kemudian Stanford University (AS), Harvard University (AS), California Institute of Technology (AS), dan University of Oxford (Inggris) di lima besar.