Psikolog perkembangan sih kecil pada usia sekolah ini tak dapat dipisahkan begitu saja dari perkembangan dan juga pertumbuhan anak sejak dia dilahirkan. Perkembangan motorik dan juga fisik sangat berhubungan erat dengan perkembangan psikis sih anak itu sendiri. Peranan psikolog perkembangan untuk anak-anak jadi pengiring pertumbuhan dan juga perkembangan anak secara holistic.

Peran Psikolog Perkembangan Sih Kecil Usia Sekolah

Peran Psikolog Perkembangan Sih Kecil Usia Sekolah

Yang mana dalam rentang waktu anak-anak alami pertumbuhan serta perkembangan, baik fisik atau pun mental yang pesat. Pada saat anak-anak usia dini perlu dididik untuk bisa membangun karakter serta mental yang baik. Pasalnya perkembangan pada masa anak-anak ini mempengaruhi bagaimana pertumbuhan dewasa anak nanti.

Psikolog perkembangan anak pada usia sekolah

Pada saat masa anak-anak umumnya alami masa perkembangan keemasan. Anak-anak di msa ini alami pertumbuhan yang cukup pesat. Yang mana pertumbuhannya dimulai dari kemampuan berpikir, emosi, motorik, dan juga perkembangan social. Hal yang demikian tersebut akan berlanjut sampai anak-anak masuk masa sekolah. Psikolog perkembangan anak pada usia sekolah adalah hal primer yang harus diketahui oleh para orangtua dan juga guru. Sebab pada masa sekolah ini merupakan masa perkembangan dan juga pertumbuhan anak di dalam memasukkan nilai, norma, dan juga pembentukan karakter sebagai manusia.

Lonjakan perkembangan psikologi anak-anak akan terjadi pada saat mereka berusia 0 hingga 8 tahun, yang mana setelah tahun tersebut berakhir maka lonjakan perkembangan anak berhenti. Pada masa ini adalah masa kritis penanaman nilai-nilai hidup bagi anak untuk bisa hadapi masa depannya nanti. Lonjakan perkembangan tersebut membutuhkan dukungan dan juga perhatian secara penuh dari orangtuanya. Untuk mendukung tumbuh dan juga berkembangnya anak ada baiknya orangtua lebih memperhatikan tentang perkembangan anak-anaknya.

Sedangkan di usia 0 hingga 7 tahun, anak-anak akan alami masa pertumbuhan, baik motorik atau pun psikis. Selain hal tersebut fungsi dari kognitif anak-anak di masa tersebut juga sedang alami lonjakan perkembangan. Fungsi kognitif pada anak di masa ini alami beberapa tahapan operasional. Tahapannya adalah tahap sensorimotor, pra operasional, konkret operasional, dan formal operasional. Selain hal tersebut, anak-anak nantinya juga akan alami perkembangan bahasa serta sosio emosional.

Pada tahapan perkembangan psikologi sosio emosional anak ini akan dimulai dari tahapan percaya dan curiga, tahapan mandiri dan ragu, tahapan berinisiatif dan bersalah, yang mana tahapan perkembangan tersebut dimilai dari usia anak sekitar 0 hingga 5 tahun. Melihat hal tersebutlah menjadikan psikologi perkembangan anak di usia dini memang perlu diperhatikan baik-baik oleh setiap orangtua.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang peran psikolog perkembangan sih kecil usia sekolah. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi. sumber : dosenpendidikan.com