Apakah Anda Memiliki Peringatan Dini Penyakit Parkinson?

Tahun ini, lebih dari 50.000 orang di seluruh dunia akan mendengar empat kata sederhana: ” Anda memiliki penyakit Parkinson .”

Begitu kejutan mereda, empat kata baru akan mendominasi pemikiran mereka: “Apakah ada obatnya?” Hari ini, jawabannya tidak; Namun, dengan kemajuan dalam deteksi dini dan perawatan ahli, perawatan membantu banyak orang menjalani kehidupan yang panjang dan bahagia dengan Parkinson. Penelitian telah menunjukkan bahwa melihat ahli saraf meningkatkan hasil, dan melihat spesialis gangguan gerakan dapat mempercepat perbaikan gejala.

Apa itu – dan bukan – penyakit Parkinson?

Saya sering ditanya apakah Parkinson’s Disease (PD) adalah bentuk Alzheimer. Parkinson bukan Alzheimer, ALS atau tumor otak, dan prognosis untuk Parkinson, meski bukan skenario yang sempurna, menyisakan ruang untuk menjalani kehidupan yang produktif.

PD adalah penyakit neurologis progresif dan kronis yang sering dimulai dengan gejala ringan yang meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu . Gejala bisa sangat halus pada tahap awal sehingga tidak diketahui, sehingga penyakit ini tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun. Untuk pasien dengan Parkinson, ada penurunan dopamin kimia tubuh, yang mengendalikan gerakan dan mood – aktivitas sederhana seperti berjalan, berbicara dan menulis bisa terkena dampak.

Karena kompleksitas PD, diagnosis didasarkan pada berbagai faktor. Diagnosis terbaik dibuat oleh seorang ahli yang melakukan sejarah dan ujian yang cermat diikuti dengan melacak tanggapan terhadap terapi. Tidak ada tes darah atau laboratorium untuk mendiagnosis penyakit Parkinson.

Sementara Parkinson mencapai semua demografi, mayoritas orang dengan PD berusia 60 atau lebih. Pria dan orang dengan riwayat keluarga penyakit memiliki peningkatan risiko.

12 Tanda Peringatan Dini Parkinson

Tidak ada yang menentukan gejala atau tanda Parkinson, melainkan kombinasi tanda dan gejala peringatan . Tidak semua tanda dan gejala hadir pada setiap pasien dengan PD, dan ini kadang menyebabkan kebingungan dalam diagnosis. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami lebih dari satu gejala yang diuraikan di bawah ini. Keluarga dan teman mungkin orang pertama yang menemukan tanda-tanda itu.

Tremor atau gemetar : Guncangan yang tak henti-hentinya atau sebentar – sebentar di jari tangan , ibu jari, tangan, dagu, tubuh, kaki, bibir atau lidah Anda bisa menunjukkan gejala Parkinson. Getaran biasanya terjadi saat istirahat, dan saat Anda bergerak, ekstremitas mungkin hilang. Satu dari lima pasien dengan PD mungkin tidak mengalami tremor, yang merupakan alasan penting mengapa diagnosis dapat dilewatkan.

Perubahan tulisan tangan : Anda mungkin memperhatikan bagaimana Anda menulis kata-kata di halaman telah berubah, dan terutama ukuran huruf Anda lebih kecil dan kata-kata bisa disatukan.

Kehilangan bau : Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hilangnya bau adalah salah satu tanda peringatan awal Parkinson dan gangguan kognitif lainnya, muncul bertahun-tahun sebelum onset gejala motor dan kognitif.

Kesulitan tidur : Gerakan mendadak dan ekstrem saat tidur – menendang dan meninju – atau terjatuh dari tempat tidur bisa ditunjukkan PD. Pasien dengan Parkinson sering melaporkan mimpi yang jelas atau mewujudkan impian mereka; Dalam banyak kasus gejala ini mungkin mendahului diagnosis.

Ketegangan otot : Beberapa orang dengan Parkinson mungkin memperhatikan adanya kekakuan pada pergelangan tangan, siku, pinggul atau lutut (kekakuan). Ketegangan yang tidak terkontrol ini dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri ringan sampai parah dan menyulitkan untuk bergerak.

Perubahan dalam berjalan : Parkinson mempengaruhi area otak Anda yang mengendalikan gerakan. Jika Anda berjalan dengan langkah pendek dan menyeret, jangan mengayunkan lengan Anda atau mengalami masalah mulai, berhenti dan berputar, berbicara dengan dokter Anda tentang PD.

Konstipasi : Sembelit adalah tanda yang mungkin mendahului gejala motorik lainnya seperti tremor dan kekakuan pada orang dengan Parkinson.

Suara yang tenang : Jika teman dan keluarga selalu meminta Anda untuk berbicara meskipun Anda merasa Anda sedang berbicara dengan suara normal, Anda mungkin akan mengalami gejala penyakit Parkinson dengan suara teredam atau suara lembut – yang disebut hypophonia. Pasien PD sering tidak sadar mereka berbicara dengan lembut.

Wajah bertopeng : Masking adalah istilah yang kami gunakan untuk menggambarkan ekspresi wajah yang tampak tidak rata dan rata meskipun orang tersebut mungkin merasa puas. Banyak pasien tidak menyadari masking terjadi sampai seseorang menunjukkannya . Jika orang mengatakan Anda sering terlihat tidak bahagia, berpenampilan kosong, atau tidak berkedip mata Anda, bicaralah dengan dokter Anda.

Pusing atau pingsan : Merasa pusing atau pingsan secara teratur bisa menjadi tanda tekanan darah rendah terkait pengobatan Parkinson atau PD.

Membungkuk atau membungkuk : membungkuk, bersandar atau membungkuk saat berdiri semua bisa menjadi gejala Parskinson’s.

Depresi atau kecemasan : Depresi adalah penyakit Parkinson yang paling tidak terpenuhi. Dengan PD, gejala depresi bisa ringan dan mudah dilewatkan.

Bagaimana Jika Anda Memiliki Parkinson?

Setelah Parkinson didiagnosis , dokter Anda akan membantu Anda mengembangkan rencana individual untuk mengatasi gejala yang memiliki dampak terbesar pada kehidupan Anda sehari-hari dan membantu memperlambat perkembangan penyakit ini. Langkah pertama adalah mendapatkan rujukan ke ahli saraf untuk perawatan ahli – terutama yang terlatih dalam gangguan gerakan.

Mengapa Pakar Perawatan Penting?

Perawatan ahli dini dapat membantu mengurangi komplikasi PD. Temuan menunjukkan bahwa 60 persen orang dengan Parkinson kurang mendapatkan perawatan ahli yang mereka butuhkan. National Parkinson Foundation memperkirakan bahwa sekitar 6.400 orang dengan Parkinson meninggal tidak perlu setiap tahun karena perawatan yang buruk.

Ahli saraf terlatih akan membantu Anda mengenali, mengobati dan mengelola penyakit ini. Pendekatan umum meliputi pengobatan, perawatan bedah, modifikasi gaya hidup (seperti istirahat dan olahraga), terapi fisik, kelompok pendukung, terapi okupasi dan terapi wicara. Pendekatan terbaik adalah perawatan interdisipliner, di mana Anda dilihat oleh beberapa spesialis secara reguler dan semua spesialis berbicara dan mengatur perawatan terkoordinasi sebaik mungkin. Inilah yang disebut sebagai pendekatan yang berpusat pada pasien terhadap perawatan Parkinson.

National Parkinson Foundation memiliki pilihan komunikasi yang mudah diakses, termasuk helpline gratis 1-800-4PD-INFO (1-800-473-4636) dan forum online “Ask the Doctor” gratis di Parkinson.org.

Mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan perawatan ahli adalah metode terbaik untuk menghadapi penyakit Parkinson.

Michael S. Okun, MD, adalah Direktur Medis Nasional National Parkinson Foundation dan co-director Pusat Gerakan Gangguan dan Penghijauan, bagian dari McKnight Brain Institute dan University of Florida College of Medicine. Dia adalah penulis Amazon’s No 1 Parkinson’s Best Seller 10 Rahasia untuk Kehidupan yang Bahagia . Sebagai direktur medis NPF, dia telah bekerja dengan NPF Centers untuk membantu menumbuhkan lingkungan terbaik untuk perawatan, penelitian dan penjangkauan penyakit Parkinson. Dr. Okun telah menerbitkan lebih dari 300 artikel dan dianggap sebagai ahli penyakit Parkinson di dunia, gangguan gerakan dan stimulasi otak dalam.

Baca Juga: